Follow Us

Segala Sesuatu Tentang Dock

Kuswanto - Rabu, 02 Juli 2008 | 21:18
Segala Sesuatu Tentang Dock

Dock! Kalau di artikan adalah dermaga. Dermaga untuk menyimpan aplikasi yang sering kita pakai, atau aplikasi yang sedang bekerja dan juga sebagai tempat folder pintas sehingga kita mudah mengakses folder tersebut. Tapi bukan hanya itu fungsi Dock, ada banyak fungsi Dock lainnya. Selain membahas fungsi Dock, saya juga membahas tentang modifikasi Dock, seperti merubah tema, dan tentunya ada juga pembahasan mengenai tombol pintas Dock. Silahkan simak tulisan ini selanjutnya.

Dock adalah salah satu elemen yang penting di Mac OS X, karena di dalam Dock kita bisa menaruh aplikasi dan folder-folder yang sering kita gunakan. Untuk mengakses Dock menggunakan keyboard, tekan Control+F3, selanjutnya Anda bisa menggunakan tombol panah untuk memilih benda-benda yang ada di Dock.

Aplikasi yang sedang berjalan ditandai dengan bulatan warna putih berpendar, aplikasi yang tidak ditandai artinya aplikasi tersebut belum dijalankan.

Mengatur Aplikasi dan Folder

Untuk menambahkan aplikasi ke dalam Dock, yang harus kita lakukan adalah hanya menarik icon aplikasi dari dalam folder Applications ke daerah di antara icon Finder dan garis pemisah.

Untuk menambahkan folder stack, tarik folder yang Anda inginkan ke daerah antar garis pemisah dan Trash. Jenis tampilan Stack bisa anda simak di tulisan saya sebelumnya mengenai Desktop.

Apabila Anda ingin menghilangkan aplikasi atau stack yang ada di Dock, tinggal Anda tarik keluar Dock. Aplikasi atau folder tesebut akan menghilang. Aplikasi atau Folder yang ada di Dock bukanlah yang sesungguhnya, file Aplikasi dan Folder yang asli tidak akan terhapus. Aplikasi yang sedang berjalan tidak bisa Anda hapus dari Dock, Anda harus menutupnya terlebih dahulu.

Dock juga bisa berfungsi untuk menutup aplikasi atau menyembukan aplikasi untuk sementara waktu. Icon yang ada di Dock bisa di klik kanan (atau Control+klik) untuk memunculkan menu kontekstual.

Anda bisa menghentikan aplikasi yang bermasalah dengan menggunakan dock, caranya adalah setelah klik kanan kemudian tekan Option. Maka menu Hide dan Quit akan berganti menjadi Force Quit dan Hide Others. Hide Others artinya, aplikasi lain yang aktif akan disembunyikan sementara aplikasi yang iconnya terpilih akan tetap terlihat.

Merubah Dock

Apabila Dock Anda merasa kurang cocok dengan Dock yang ada, Anda bisa merubahnya melalui System Preferences. Di sini juga Anda bisa merubah pembesaran Icon, posisi dock, atau effect ketika minimize.

Keterangan

  1. Merubah ukuran Dock dari kecil sampai BESAAR
  2. Centrang Maginifation untuk merubah ukuran pembesaran icon yang ada di Dock
  3. Merubah posisi Dock, di kiri bawah dan kanan layar. Ketika Dock berada di kiri atau kanan, secara otomatis akan berubah menjadi Dock 2 dimensi
  4. memelih jenis Efek Minimize
  5. Animate opening Application memberikan effeck meloncat loncat icon aplikasi yang Anda jalankan, icon tersebut akan berhenti meloncat ketika sudah terbuka.
  6. Mengilangkan Dock secara sementara, untuk memunculkannya lagi geser Pointer Anda ke tempat di mana Dock Anda berada

Jalan Pintas

Berikut adalah beberapa jalan pintas untuk merubah Dock Anda tanpa perlu mengakses System Preferences.

Editor : MakeMac

Latest