Follow Us

Kostumisasi aikon

Kuswanto - Sabtu, 26 Juli 2008 | 23:15
Kostumisasi aikon

Apple memang pelit dalam hal kostumisasi tampilan Mac OS X, tapi memang Aqua sudah terlihat keren tanpa harus di ganggu gugat. Hal tersebut bukan berarti kita tidak dapat merubah tampilan Mac, terutama merubah tampilan aikon Mac. Ada beberapa cara untuk merubahnya, mari kita lanjutkan.

Tipe aikon Mac

Apabila Anda mengunduh aikon Mac dari internet, Anda akan mendapatkan file .icns atau berupa folder.

Aikon folder adalah folder yang sudah ditempeli aikon, seperti contoh di bawah ini. Aikon ini bisa Anda dapatkan di MacThemes.

Berkas .icns adalah berkas khusus untuk aikon Mac OS X. Berkas icns mengandung berbagai macam ukuran gambar aikon dalam satu file, ukurannya yaitu 16×16, 32×32, 48×48, 128×128, 256×256 dan 512×512 pixels. Ukuran 512 hanya tersedia atau terbaca di Leopard saja, sedangkan OS X Tiger hanya bisa membaca aikon sampai 128×128 pixels

Penerapan aikon secara manual

Yang dimaksud secara manual adalah kita memasangkan aikon satu persatu ke folder yang ingin kita rubah aikonnya. Caranya sih gak susah koq, hanya copy paste.

Mari kita mulai, ya. Untuk melakukan hal ini Anda membutuhkan aikon dalam bentuk Folder, bukan format icns. Kalau format icns tidak bisa di copy paste. Untuk percobaan, silahkan unduh paket aikon Kaijubees yang imut-imut.

Setelah di uncompress, yang Anda lakukan hanyalah Copy aikon yang diinginkan.

Kemudian di folder yang ingin anda rubah aikonnya, klik kanan dan pilih Get Info.

Di jendela Get Info perhatikanlah aikon kecil di pojok kiri atas. Klik aikon tersebut, kemudian tekan +v. Tadaaa! sekarang aikon folder biasa telah tergantikan oleh aikon Kajubees.

Sebenarnya anda bisa menempelkan gambar apa saja ke folder Mac. Di bawah ini saya menempelkan gambar-gambar hasil copy dari Photoshop.

Anda juga bisa mengganti aikon aplikasi menggunakan metoda yang sama dengan yang diatas.

Oh iya, untuk mengembalikan aikon folder ke aikon semula, Anda tinggal akses kembali jendela Get Info, kemudian klik aikon di kiri atas tadi, dan tekan Delete.

Editor : MakeMac

Latest