Follow Us

Mitos Mac Yang Salah Kaprah

Kuswanto - Senin, 15 September 2008 | 18:29
Mitos Mac Yang Salah Kaprah

Bagi orang yang belum terjun ke dunia Mac sering menganggap bahwa akan susah menggunakan Mac. Ada yang bilang, gak banyak penggunanya lah, aplikasi yang susah didapat dll, yang sebenarnya hanyalah mitos belaka. Berikut adalah mitos Mac yang salah kaprah menurut pendapat saya pribadi.

1. Gak ada virus di Mac

Sama sekali tidak benar, di Mac bisa saja ada virus. Tapi bukan virus Mac, yang ada adalah Virus Windows yang diam didalam Mac. Virus ini tidak bisa hidup di Mac, tapi bisa menginfeksi sistem Windows di jaringan atau dari menular melalui media lain.

Jadi, ada Virus di Mac, tapi sampai saat ini bukan virus Mac, hanya Virus windows yang tidak berbahaya bagi Mac, tapi berbahaya bagi Windows.

2. Mac dianggap tidak pernah Hang

Nah ini juga salah kaprah. Setiap sistem operasi pasti pernah Hang. Bisa jadi karena suatu program yang sangat buruk penulisan kodenya, atau bisa jadi karena umur sistem yang lama.

Salah satu Mac saya di kantor sudah berumur lebih dari 2 tahun dan belum pernah di install ulang. Sering sekali terjadi Hang ketika sedang menjalankan Photoshop. Setelah dilakukan install ulang sistem bekerja secara responsip lagi.

Hang di Mac bukan BSOD, tapi BBOD (Beach Ball of Death). Yaitu bola pantai yang berputar tanpa henti.

* foto oleh: FishFingers

3. Mac Mahal

Mungkin ini relatif bagi kebanyakan orang. Tapi menurut saya Mac tidaklah mahal. Apabila Anda membeli sebuah PC, Anda membeli perangkat keras dan membangunnya. Mungkin PC baru itu di pasang Linux, bagus bagi Anda. Tapi ketika PC tersebut dipasang WindowsXP atau Vista, apakah Anda membeli sistem operasi legal? Kebanyakan orang menggunakan versi petani, demi menghemat uang.

Tapi dengan Mac, Anda mendapatkan sebuah mesin yang bagus. Sebuah sistem operasi yang mumpuni (lebih murah dari WindowsXP kalau beli), dan sebuah paket software standar yang sangat bagus yaitu iLife.

Jadi ketika Anda membeli Mac, Anda juga mendapatkan sebuah salinan Mac OS X Leopard, dan iLife 8. Harga Leopard US$129, dan harga iLife US$79 total software US$209.

Ketika membeli MacBook, anda menghabiskan US$1100, harga tersebut termasuk Sistem Operasi Leopard dan iLife. Jadi harga mesin hanya US$900. Sama saja dengan mid-end laptop yang ada di pasaran.

Mac mahal.. ah yang bener!

Editor : MakeMac

Latest