Follow Us

Aplikasi Produktivitas untuk Freelancer

Kuswanto - Kamis, 23 Oktober 2008 | 08:09
Aplikasi Produktivitas untuk Freelancer

Bagi yang berkecimpung di dunia kerja lepas atau disebut juga sebagai Freelancer, pengorganisasian tugas-tugas sudah menjadi santapan harian yang tak terelakan. Untungnya kalau Anda menggunakan Mac, banyak sekali aplikasi penunjang produktivitas yang bisa membantu kita lebih produktif.

iCal

Siapa yang gak kenal iCal? Software bawaan dari Apple untuk membuat janji di kalender atau membuat To-Do ini merupakan sebuah software yang sangat basic. Banyak orang yang tidak menggunakan iCal karena fungsi To-Do yang sangat sederhana. Kelebihan dari iCal adalah sistem notifikasi kelender yang bisa mengirim email ke beberapa orang sekaligus untuk memberitahukan jadwal yang kita buat.

Apabila Anda sudah menggunakan Leopard, iCal juga berintegrasi dengan To-Do di Mail.app atau aplikasi GTD lain yang mendukung iCal. Dengan begitu To-Do yang dibuat di aplikasi lain akan muncul di iCal.

Anxiety

Anxiety merupakan sebuah jendela yang sangat sederhana. Anda akan terfokus kepada To-Do yang Anda buat bukannya ke aikon yang rame warna-warna. Kelemahannya adalah Anxiety hanya bisa melihat satu kelender pada satu saat. Kalau Anda mempunyai kelender banyak, agak ribet untuk melihat To-Do di kelender lain.

Unduh Anxiety. Harga gratis.

Chandler

Chandler adalah sebuah aplikasi GTD open source yang menggunakan Java, dan berintegrasi dengan Mail.app. Chandler juga menyediakan fitur kelender seperti iCal. Kalau Anda membutuhkan kolaborasi dengan partner, bisa memanfaatkan fitur sharing. Chandler merupakan sebuah aplikasi multiflatform yang artinya bisa berjalan di Windows dan Linux juga. Dan Chandler juga mempunyai antar muka web yang bisa diakses dari mana saja tentunya dengan koneksi internet.

Unduh Chandler. Harga Gratis.

Things

Things merupakan sebuah aplikasi GTD yang cukup menggebrak dengan tampilan yang cantik. Tapi pengembangannya agak lambat, serta fitur-fitur yang disuguhkan di versi beta masih bisa dibilang sangat standard. Apabila Anda ingin mencoba sebuah software beta berkualtisa, Things bisa menjadi pilihan Anda.

Unduh Things. Harga beta gratis, harga rilis $49

OmniFocus

OmniFocus dibuat karena kefrustrasian atas aplikasi GTD lainnya yang terlalu sederhana. OmniFocus merupakan sebuah aplikasi matang yang mempunyai banyak fitur untuk mendukung produktivitas. Sisi yang kurang baik adalah harganya agak mahal, tapi harga kan relatif.

Unduh Omnifocus. Harga $80

Actiontastic

Sebuah aplikasi yang sederhan tapi sangat berguna. Actiontastic mengikuti konsep GTD David Allen dengan antar muka yang mudah dimengerti yang sederhana. Bagi saya aplikasi ini terlalu sederhana, dan kurang mengigit dari segi fitur.

Editor : MakeMac

Latest