Follow Us

Windows 7 Milestone 3 vs Mac OS X Leopard (Terbaharui)

Fauzan Alfi - Jumat, 31 Oktober 2008 | 22:41
Windows 7 Milestone 3 vs Mac OS X Leopard (Terbaharui)

Dalam Professional Developer Conference 2008, Microsoft memperkenalkan generasi selanjutnya dari Windows Vista yaitu Windows 7. Berbagai fitur – fitur terbaru dari Windows 7, diperkenalkan Microsoft kepada para peserta PDC 2008 kemarin. Lalu, ada apa MakeMac membahas Windows 7 ? Kali ini, kita akan membahas berbagai keunikan dan kesamaan dari Windows 7 Pre-Beta ini dengan Mac OS X Leopard. Ingin tahu lebih lanjut, baca selanjutnya disini.

Seakan sebagai pertarungan klasik, Windows selalu dibanding – bandingkan dengan Mac OS karena dianggap memiliki berbagai kemiripan. Hal ini sempat dibahas oleh Apple Inc. pada Worldwide Developer Conference 2006 dimana pada Vista Beta memiliki berbagai kemiripan dengan Mac OS X Tiger. Lalu, bagaimana dengan Windows 7 ? Berikut berbagai kemiripan yang ada pada Windows 7 terhadap Leopard.

Wallpaper

Wallpaper Windows 7. Aurora a'la Leopard dengan posisi terbalik.

Bagian ini sangat unik sekali dan membuat diri saya tertawa karena tidak menyangka. Wallpaper default dari Windows 7 Milestone 3 memiliki kesamaan dengan wallpaper default dari Leopard. Kamu bisa lihat sendiri dengan gambar disini. Pada Windows 7, “Aurora” yang ada itu seperti “Aurora” pada wallpaper Leopard. Perbedaannya hanya terletak pada skema warna dan tema dimana pada Windows 7 mengedepankan warna biru (terlihat seperti Aqua :wink: ) dan Leopard dengan warna violet untuk Client dan biru untuk Server.

Expose di Mac, “Peek” di Windows 7

Ini dia, Peek ~ Expose ala Windows 7.

Fitur Expose merupakan fitur andalan Mac OS X dimana para penggunanya memakai 3 macam shortcut pada keyboardnya yaitu All Windows, Application Windows, dan Show Desktop. Masing – masing memiliki keunikan tersendiri. Namun, inovasi ini digunakan oleh Microsoft untuk diterapkan pada Windows 7. Fitur “Show Desktop” yang disebut “Peek”, membuat semua aplikasi mendadak menjadi transparan agar desktop terlihat.

Windows Explorer Sidebar = Finder Sidebar

Finder Sidebar muncul di Windows Explorer.

Pada WWDC 2007, Apple menunjukkan Finder dengan Sidebar terbaru yang lebih efisien dan lebih mudah untuk digunakan oleh para penggunanya sehingga lebih “user centric”. Lagi – lagi, Microsoft membawa fitur ini ke Windows Explorer di Windows 7.

Halaman Selanjutnya

Slider On/Off
1 2 3

Editor : MakeMac

Latest