Follow Us

Kontrol komputer lain dari Mac

Kuswanto - Senin, 10 November 2008 | 09:08
Kontrol komputer lain dari Mac

Pernahkah membayangkan untuk mengontrol banyak komputer hanya menggunakan satu keyboard dan tetikus? Hal itu sudah bisa dilakukan, dan cara pengaturannya juga sangat gampang. Yang Anda butuhkan adalah sebuah aplikasi bernama Synergy. Synergy tersedia untuk Mac, Windows dan Linux. Silahkan lanjutkan untuk membaca tutorial.Dalam tutorial ini saya akan membahas Mac sebagai server Synergy dengan kata lain keyboard dan tetikus ada di Mac. Komputer lain yang saya pakai adalah sebuah PC WindowsXP. Mari kita mulai.

Langkah 1: Unduh Sinergy untuk Mac dan Windows

Untuk Mac, silahkan Unduh SynergyKM. Dengan SynergyKM Anda akan mempunyai antar muka grafis di dalam System Preference.

Versi Windows bisa didapatkan di website Synergy2. Unduh dan silahkan install di mesin Windows.

Apabila Anda ingin mengontrol Mac lain menggunakan Synergy, yang Anda perlukan hanya SynergyKM. Aplikasi yang diunduh bisa menjadi server atau client.

Langkah 2: Pengaturan Server Synergy di Mac

Buka SynergyKM di System Preferences. Di tab General inilah Anda akan mengatur Synergy sebagai server atau client. Karena kita akan mengatur Synergy sebagai server, pilihlah Server Configuration. Di sini kita akan mengatur server Synergy.

Seperti yang Anda lihat saya sudah mempunyai dua komputer yang terhubung yaitu, NcusMBP dan pc-tua. Untuk menambahkan komputer klik tombol + , akan muncul aikon komputer baru. Posisi aikon monitor merupakan posisikan komputer Anda yang sebenarnya, kalau Windows-nya di kiri, simpan aikon monitornya di kiri. Supaya ketika tetikus bergerak ke kiri masuk ke mesin Windows.

Beri nama sesuai denga nama komputer Windows. Untuk melihat nama komputer Windows, klik kanan di aikon My Computer, pilih properties, dan lihat di tab Computer Name akan terlihat Full computer name, lihat gambar dibawah ini.

Nama komputer Windows

Kalau sudah, tekan Apply Now.

Langkah 3: Memulai Server

Kembali lagi ke tab General. Pilih “Share my keyboard and mouse” untuk menjadikan Mac sebagai server. Pilihan diatasnya untuk Mac menjadi client. Kilk Apply now, dan kemudian klik Turn Synergy on untuk memulai server synergy.

Pengaturan Server Synergy

Langkah 4: Pengaturan client Windows

Server sudah menyala, tinggal mengatur client Windows. Synergynya sudah terpasang di Windows kan? Nyalakan aplikasi Synergy akan terlihat jendela seperti ini.

Halaman Selanjutnya

Jendela Synergi di Windows
1 2

Editor : MakeMac

Latest