Follow Us

Mengakses dan Mengendalikan Mac Lain Dengan Screen Sharing

Adi Chandra - Rabu, 03 Desember 2008 | 09:39
Mengakses dan Mengendalikan Mac Lain Dengan Screen Sharing

Wed, Nov 28 2012: Artikel ini diedit kembali agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Beberapa informasi juga disesuaiakan agar mengikuti perubahan yang dilakukan oleh Apple.

Bagi Anda yang mempunyai lebih dari 2 Mac di rumah yang terhubung dengan router tentunya sangat menyenangkan untuk bisa mengendalikan Mac lain tersebut dari Mac yang lebih portable. Apabila Anda menggunakan Mac mini sebagai media center, maka fitur screen sharing dapat dimanfaatkan dalam kasus ini.

Menyiapkan Mac Buat Sharing

Bukalah System Preferences yang ada di dalam folder Applications, bisa juga dengan melalui Spotlight atau dengan icon default System Preferences yang ada di dock bila Anda belum menghapusnya. Klik pada bagian Sharing, seperti yang tertera pada gambar.

Sebuah jendela Sharing akan muncul dan saya akan jelaskan langkah-langkahnya selanjutnya.

  • Aktifkan Screen Sharing bila belum aktif dengan cara klik pada kotak radio button tersebut.
  • Klik pada tanda +, dan masukan nama user yang nantinya akan mengontrol Screen Sharing nanti. Bila tidak ada dalam list address book, Anda dapat membuat nama baru dengan cara klik pada tombol “New Person”.
  • Catat alamat ini, yang nantinya akan Anda gunakan untuk membuat koneksi ke Media Center atau Mac lain yang ingin Anda atur. Dalam contoh tersebut, Media Center saya yang terhubung dengan router mempunyai alamat: vnc://192.168.1.194/

Alternatif lainnya, jika Anda tidak menentukan siapa saja yang bisa mengakses Mac Anda, adalah mengubah Computer Settings. Pada pengaturan Computer Settings, Anda bisa mengizinkan setiap orang meminta izin terlebih dahulu sebelum mengakses layar Mac Anda. Di sini juga Anda bisa menentukan password jika mereka ingin mengendalikan Mac dari Mac lain.

Dari Mac Lain

Fokuskan kursor Anda ke menu Finder, seperti yang terlihat pada gambar, lalu klik Connect To Server. Cara lain adalah dengan menekan tombol Command+K. Tetapi tentunya fokus kursor harus berada dalam aplikasi Finder.

Sebuah jendela akan muncul untuk membuat koneksi ke jaringan. Masukan alamat VNC Anda, dalam kasus contoh, alamat yang saya gunakan adalah vnc://192.168.1.194/, lalu tekan enter.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : MakeMac

Latest