Follow Us

Ganti theme Leopard dengan Magnifique

Kuswanto - Jumat, 20 Februari 2009 | 08:08
Ganti theme Leopard dengan Magnifique

Saya ingat masa lalu ketika masih memakai Tiger dengan menggunakan ShapeShifter dapat merubah seluruh tampilan Mac OS X dengan mudah. Tapi sayangnya ketika Leopard muncul, sistem operasi ini membuat pengembang theme kebingungan karena sistemnya berbeda jauh dari Tiger. Sampai saat ini belum ada aplikasi pengubah theme Leopard yang mudah digunakan, sampai keluarnya Magnifique baru-baru ini. Simak lanjutannya.

Sebelum ada Magnifique para pembuat theme, mempublikasikan theme mereka dengan masing-masing installer yang mereka buat sendiri. Kami pernah menuliskannya tentang theme iLeopard.

Magnifique bisa disebut sebagai ShapeShifter-nya Leopard dengan perbedaan di sana-sini. Dengan Magnifique Anda dapat merubah tampilan Leopard hanya dengan beberapa klik saja.

Mungkin saat ini Anda sudah bertanya-tanya, apakah aman menggunakan Magnifique? Saya tidak dapat menjamin keamanannya, begitu juga pengembangnya. Tapi, sejauh saya mencobanya sistem saya baik-baik saja. Hanya gunakan theme yang dapat Anda percaya, hati-hati mengunduh theme dari tempat lain yang meragukan, karena theme tersebut dapat merusak sistem Anda.

Apabila sudah bertekad ingin mencobanya, silakan unduh Magnifique. Mirror aplikasinya dapat ditemukan di MacThemes. Dalam paket installernya terdapat 3 buah theme yang dapat Anda tambahkan kedalam Magnifique. Untuk mendapatkan theme lainnya, silakan kunjungi website gallery theme Magnifique.

Menambakan theme

Sebelum menggantinya, Anda harus menambahkan theme yang sudah diunduh ke Magnifique terlebih dahulu. Theme Magnifique mempunyai akhiran beranama .mfq.plugin. Drag berkas theme ke bagian My Theme di Magnifique.

drag berkas theme ke bagian ini

Memasang theme

Untuk memasangnya pilih theme yang disukai kemudian tekan tombol Apply Theme. Magnifique akan mengganti berkas-berkas berdasarkan kelengkapan theme tersebut. Masing-masing theme mengandung kelengkapan yang berbeda, ada yang hanya mengganti antarmuka sistem saja seperti tombol, scroll bar, ada juga yang mengganti tampilan iTunes, Quicktime dan Safari.

Sebelum memasang theme, rubah dulu setingan menu bar menjadi tidak tranparan dengan membuka System Preferences dan ke pane Desktop & Screen Saver, pastikan Translucent Menu Bar dalam keadaan mati. Hal ini supaya theme Menu Bar dapat teraplikasian, kalau Translucent Menu Bar  masih aktif, Menu Bar nya tidak akan mengikuti theme-nya.

Â

Matikan Opsi Translucent Menu Bar

Â

Halaman Selanjutnya

Â
1 2

Editor : MakeMac

Latest