Follow Us

Ringkasan WWDC ’09

Kuswanto - Selasa, 09 Juni 2009 | 12:38
Ringkasan WWDC ’09

WWDC merupakan acara tahunan yang diadakan Apple di San Fransisco bagi para pengembang aplikasi Mac dan para pengguna antusias merupakan sebuah acara yang paling penting bagi mereka. Tahun ini acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 8 Juni. Dan seperti yang diprediksikan oleh situs-situs yang membahas Apple, WWDC kali ini berfokus kepada iPhone 3.0 dan Snow Leopard serta adanya pengurangan harga di lini MacBook.

iPhone

Seperti biasanya apabila ada produk baru, harga produk lama akan diturunkan oleh Apple. iPhone 3G akan menjadi $99, sedangkan iPhone 3GS sama dengan harga saat ini (harga di Amerika Serikat). Tentunya hal ini juga akan berpengaruh kepada harga iPhone di Indonesia.

iPhone 3GS akan dipasarkan dengan OS 3.0, dalam warna putih dan hitam, padahal saya tadinya berharap kembali memakai alumunium. iPhone 3GS akan mempunyai kotak yang lebih kecil supaya gampang di pasarkan, dan tentunya ramah linkungan.

iPhone 3GS lebih hemat batere daripada versi iPhone 3G, Apple mengakui iPhone 3G mampu sampai 9 jam dengan WiFi, 10 jam menggunakan video, 30 jam dengan musik, 5 – 12 jam waktu bicara. Hal ini merupakan peningkatan yang paling baik, karena iPhone 3G atau 2G sangat boros batere.

Proses editing Kamera

Fitur baru juga masuk ke iPhone 3G. Support Nike+, entah apakah akan terdapat di Indonesia. Enskripsi data, untuk menyenangkan para persuhaan untuk mengamankan data-data mereka. Digital compas, ini akan sangat berguna bagi yang buta arah seperti saya. Voice control, dengan menekan tombol Home, kemudian interface Voice Control akan muncul, Anda dapat menyuruh iPhone melakukan beberapa trik, seperti “Call Kuswanto” atau memankan musik, berguna ketika sedang mengendarai mobil. Video, yeah! yang sudah ditunggu-tunggu selama ini. iPhone mampu mereka video. Anda bisa mengeditnya kemudian mengirimkannya ke teman menggnakan MMS, Mobile Me atau langsung ke You Tube. Yang saya sukai adalah Share Internet Connection, dengan begitu kita gak perlu lagi bawa-bawa modem HSDPA kemana-mana, karena internet bisa didapatkan dari iPhone. Fitur yang terakhir adalah Cut, Copy dan Paste secara global, yang sudah ditunggu-tunggu oleh semua orang.

iPhone 3G juga akan menyenangkan buat para pengembang aplikasi iPhone, banyak sekali fitur-fitur baru yang dapat ditambahkan ke aplikasi iPhone. Push Notification, aplikasi-aplikasi di iPphone OS 3.0 akan memungkinkan pengembang mengirimkan pemberitahuan push kepada aplikasi mereka. iPhone 3.0 juga mendukung lebih banyak lagi bahasa dunia. Mudah-mudahan Bahasa Indonesia juga termasuk.

Snow Leopard

Pada hari minggu saya membaca prediksi John Grubber tentang harga Snow Leopard, jadi harga $29 adalah harga yang sudah bisa diprediksi. Apple menginginkan pengguna Tiger berganti menggunakan Leopard.

Cuma $29!

Snow Leopard mendukung MS Exchange Server 2007, bagi perusahaan besar yang menggunakan Exchange hal ini sudah pasti ditunggu-tunggu.

Tidak ada lagi OpenGL di Snow Leopard, Apple menggantinya menjadi OpenCL, yaitu standar baru di dunia grafis komputer.

Snow Leopard akan 64-bit, tenang saja, hampir semua mesin Mac intel sudah mendukung 64-bit. Dengan 64-bit aplikasi akan bekerja lebih cepat. Apple juga ingin memanfaatkan multi core, dan dual core yang memungkinkan aplikasi-aplikasi dapat berbagi resouces ke core-core tertentu.

Editor : MakeMac

Latest