Follow Us

Fitur Baru iOS 4

Kuswanto - Jumat, 25 Juni 2010 | 10:42
Fitur Baru iOS 4

Seperti yang sudah semua pemake Mac ketahui kalau sistem operasi iPhone yang baru bernama iOS 4 yang mengandung banyak sekali fitur baru yang sangat berguna. Fitur yang dinantikan diantaranya adalah Folder dan Multitasking. Artikel kali ini membahas tentang fitur-fitur baru di iOS4 serta cara penggunaannya.

Kelompokan aplikasi ke dalam Folder

Seperti halnya komputer yang memakai folder untuk mengelompokan berkas-berkas kedalamnya. iPhone dengan iOS 4 bisa mengelompokan aplikasi ke dalam Folder yang namanya bisa diatur oleh Anda. Folder berguna sekali apabila Anda mempunyai banyak sekali aplikasi yang berserakan di layar iPhone yang sangat terbatas.

Untuk membuat folder Anda bisa menggunakan iTunes atau di layar iPhone. Tap/klik salah satu icon-nya sampai bergoyang, kemudian geser icon aplikasi tersebut ke dalam icon lainnya. Akan muncul sebuah kotak hitam bergaris putih sebagai pertanda pembuatan Folder. Setiap Folder mampu menampung 12 aplikasi, tapi hanya 9 icon saja yang nampak. Untuk menyunting Folder, tekan folder atau icon manapun sampai bergoyang, kemudian tap Folder yang akan disunting, Anda akan mendapatkan form nama yang bisa disunting.

Kerja lebih cepat dengan Multitasking

Bagi pengguna iPhone 3G atau 2G multitasking tidak didukung, hanya 3GS yang dapat memakai fitur ini. Hal ini dikarenakan batasan perangkat keras yang terdapat di iPhone 3G atau 2G (kalau iPod Touch, saya kurang tahu. Ada yang bisa konfirmasi?).

Untuk mengaktifkan Multitasking, tekan tombol Home dua kali. Daftar Aplikasi akan terlihat di bagian bawah layar, Anda bisa geser kiri atau kanan untuk memilih aplikasi lain tanpa perlu menutup aplikasi yang sekarang sedang dijalankan.

Anda juga bisa mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, tekan salah satu icon di bagian multitasking sampai goyang kemudian akan muncul tombol minus. Tekan tombol minus tersebut untuk mematikan aplikasi tersebut. Fitur ini tidak disebutkan di WWDC yang lalu, karena semua aplikasi yang ada di belakang layar dibekukan prosesnya. Mungkin Apple menyediakan fitur ini sebagai langkah darurat apabila suatu Aplikasi yang dikemas secara buruk dan membuat iPhone Anda melambat.

Background Home Screen

Bagi Jailbreakers fitur ini bukanlah sesuatu yang baru. Tapi bagi Anda yang belum pernah Jailbreak, iPhone Anda akan seperti iPad dimana Home Screen sekarang dapat menggunakan gambar background. Sayangnya iPhone 3G atau 2G tidak mendukung fitur ini juga. Jadi, silakan ikuti tutorial Jailbreaknya.

Pengaturan ini terletak di tempat yang sama dengan OS sebelumnya, yaitu di aplikasi Settings > Wallpapers. Anda akan diberikan pilihan seperti di layar atas. Jadinya seperti ini.

Mail yang lebih baik

Unified Inbox adalah salah satu fitur utama terbaru di Mail. Di iOS 4 Anda dapat melihat semua email di All Inboxes layaknya di Mail.app Mac. Hal ini tentunya berguna bagi yang mempunyai banyak akun email dan ingin melihat email baru dari seluruh akun.

Mail sekarang dapat menampilkan pesan email yang saling terakit kedalam satu kelompok pesan, mirip fitur threaded message di Mail.app. Jumlah email yang tekandung ditampilkan di sebelah kanan.

Bukan hanya itu saja. iOS 4 sekarang mendukung akun gMail lebih baik. Apabila Anda memakai akun gMail di iPhone, Anda akan melihat logo gMail muncul. Selain itu Anda juga dapat singkronisasi bukan saja email, bisa juga Calendars dan Notes.

Editor : Kuswanto

Latest