Follow Us

Fitur Baru iOS 4.2

Kuswanto - Selasa, 23 November 2010 | 15:46
Fitur Baru iOS 4.2

Pemutakhiran paling anyar yang ditunggu-tunggu oleh para pemake iOS terutama yang punya iPad telah beredar. Versi 4.2 membuat iPad mempunyai fitur yang sama dengan iPhone dan iPod Touch yang sudah lebih dulu mempunyai fitu multitasking, dan folders. Apa saja fitur-fitur terbaru di iOS 4.2? Simak lanjutannya.

Multitasking di iPad

Tanpa multitasking menggunakan iPad membuat pekerjaan menjadi tersendat-sendat dan kikuk. Aplikasi harus restart ulang apabila kita berpindah ke aplikasi lain. Dengan Multitasking kita dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutupnya. Inilah fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pemake iPad. Sekarang iPad sudah lengkap!!

Akhirnya saya bisa copy gambar langsung dari iPad ke Mac dengan lebih cepat menggunakan multitasking dan PasteBot. Woot!

Folders di iPad

Yap! Seperti layaknya di iPhone dan iPod Touch, iPad mempunyai Folders juga. Folders di iPad bisa menampung 12 aplikasi sekaligus, dimana iPhone dan iPod Touch hanya bisa menampung 9 aplikasi saja.

Kontrol Kunci Layar, Kecerahan dan Volume

Sebelumnya untuk mengunci layar di iPad Anda diberikan tombol fisik di sebelah atas tombol volume. Sekarang di iOS 4.2 tombol tersebut menjadi tombol mute, untuk mengunci layar sekarang harus memakai tombol perangkat lunak yang tersedia di tempat icon Multitasking.

Cara mengaktifkannya tekan tombol Home dua kali, kemudian swipe ke kiri. Akan muncul icon Lock Screen, mengatur Brightness, kontrol iPod dan Volume serta icon iPod.

Sejujurnya saya lebih suka tombol fisik untuk kunci layar, lebih mudah di raih daripada tombol tersebut.

Kalendar MobileMe Baru

Pada iOS 4.2 sekarang iOS dapat memanfaatkan Kalendar MobileMe baru tanpa harus memakai CalDAV lagi, langsung terintergrasikan dengan layanan MobileMe. Sebelumnya Anda harus membuat akun kalendar baru dengan sambungan CalDAV untuk memanfaatkan fitur baru.

AirPrint

Dengan AirPrint Anda dapat mencetak langsung dari iPad, iPhone atau iPod Touch ke mesin cetak di dalam jaringan, tidak perlu pasang driver atau setup, langsung cetak melaui udara.

Find my iPad, iPhone & iPod Touch

Cara mengaktivasinya Anda buat dulu akun MobileMe, setelah itu Anda bisa mengunjungi halaman http://me.com/find untuk melihat dimanakan iPhone, iPad dan iPod Touch berada. Sebelumnya fitur ini hanya bisa dimiliki oleh Anda yang berlangganan MobileMe. Langkah yang ditempuh Apple menggratiskan Find My iDevice dapat memberikan rasa aman bagi Anda yang punya iDevice. Dengan fitur ini Anda bisa mengunci atau menghapus data dari jarak jauh apabila iDevice anda dicuri.

Pendeteksian lokasi cukup akurat, tampaknya hanya berbeda beberapa puluh meter saja.

Game Center di iPad

Game Center sekarang tersedia di iPad juga. Anda bisa memainkan game iPad dan bekompetisi berasama-sama teman Anda yang punya iPad, iPhone atau iPod Touch.

Editor : MakeMac

Latest