Follow Us

iTunes Tidak Mengenali Perangkat iPod, iPhone, dan iPad

Adham Somantrie - Selasa, 22 Maret 2011 | 08:19
iTunes Tidak Mengenali Perangkat iPod, iPhone, dan iPad

Terkadang pengguna Mac menghadapi situasi di mana perangkat iPod, iPad, maupun iPhone yang dihubungkan ke Mac tidak dideteksi oleh iTunes. Saya sendiri mengalami masalah ini beberapa hari yang lalu ketika saya berpindah dari iMac ke MacBook. iPhone tidak dapat dikenali oleh iTunes di MacBook, padahal segala sesuatunya sudah benar, bahkan saya memindahkan iTunes library iMac ke MacBook.

Masalah utama yang sering ditemukan adalah “driver” untuk iDevices ini ngadat. Untuk mengatasi itu, sebenarnya caranya cukup sederhana, yakni menginstal ulang iTunes. Namun terkadang proses ini juga tidak lancar, sehingga diperlukan langkah tambahan untuk membuang “driver” tersebut terlebih dahulu.

Pastikan akun Anda memiliki hak Administrator. Melalui Terminal.app, ketik:

sudo rm -rf /System/Library/Extensions/AppleMobileDevice.kext

Langkah berikut ini tidak perlu dilakukan jika Anda sudah menggunakan Mac OS X Snow Leopard (10.6)

sudo rm -rf /Library/Receipts/AppleMobileDeviceSupport.pkg

Dan, lakukan instalasi ulang iTunes.

Harusnya permasalahan Anda selesai. Namun dalam beberapa kasus di Snow Leopard, masalah ini teratasi setelah instalasi iTunes, namun masalah akan kembali timbul setelah Anda melakukan restart. Jika Anda mengalami kasus yang ini, maka lanjutkan ke langkah-langkah berikutnya.

Setelah melakukan restart, kembali buka Terminal.app, dan ketikkan:

sudo rm -rf /System/Library/LaunchDaemons/com.apple.usbmuxd.plist~orig

Dan restart. Coba kembali hubungkan iDevices.

Jika masalah masih belum teratasi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Editor : Adham Somantrie

Latest