Follow Us

Manajemen RSS dengan Reeder for Mac

Sayz Lim - Senin, 21 Maret 2011 | 00:12
Manajemen RSS dengan Reeder for Mac

Sebenarnya saya menunggu aplikasi ini berhasil dirilis sebelum menulis sebuah review mengenai aplikasi ini. Tetapi setelah menggunakannya beberapa hari untuk membaca artikel-artikel kesayangan saya di Google Reader, saya merasa harus berbagi pengalaman saya dengan aplikasi ini.

Coba kita telusuri apa saja yang berhasil membuat saya terpesona dengan aplikasi yang masih Beta ini.

Dari Segi Tampilan dan Pengalaman User

Pertama kali menjalankan Reeder for Mac, Anda akan diminta untuk memasukkan email dan password di mana account Google Reader Anda berada.

Bagi yang belum mengetahui teknologi RSS, silakan baca artikel RSS di Wikipedia. Bagi Anda yang memiliki Google Account bisa langsung menggunakan fitur ini dengan membuka Google Reader.

Tampilan di atas akan muncul setelah saya berhasil melakukan login. Reeder for Mac sebenarnya sudah ada di iOS devices. Dan seperti yang sudah ada di iOS, tampilannya sangat berbeda dengan aplikasi yang umumnya sudah ada OS X.

Hal pertama yang menarik perhatian saya adalah kesederhanaan tampilannya.

Saya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk mengetahui apa saja yang bisa saya lakukan dengan aplikasi ini. Tampilan berkolom tiga sangat populer karena kemudahannya membantu navigasi.

Kolom pertama menampilkan semua feeds/RSS yang sudah berhasil saya subscribe menggunakan Google Reader. Setiap feeds ditampilkan dalam grupnya masing-masing karena saya melakukan sorting dengan folder pada Google Reader.

Kolom tengah menampilkan seleksi yang sudah dipilih pada kolom pertama. Saya mengubah konfigurasinya untuk menyusun feeds berdasarkan sumbernya daripada konfigurasi default di mana disusun berdasarkan tanggal rilis. Untuk mengubahnya, Anda dapat memilih View->Group Items->By Feed.

Tiga icons di bagian atas memberikan pilihan untuk menampilkan bagaimana feeds ditampilkan. Dari menampilkan artikel yang diberi bintang, artikel yang belum dibaca, dan tampilkan semua artikel yang ada.

Icon Spotlight di bagian bawah dapat digunakan untuk melakukan filter terhadap artikel-artikel yang sedang ditampilkan.

Kolom terakhir menampilkan artikel yang dipilih pada kolom ke dua. Bagian atas memberikan pilihan untuk melakukan aksi terhadap artikel yang sedang bersangkutan seperti tweet, share, bookmark, dan lain-lain.

Editor : MakeMac

Latest