Follow Us

Tips Unggulan Lion OS X

Kuswanto - Minggu, 07 Agustus 2011 | 11:41
Tips Unggulan Lion OS X

Lion OS X sudah keluar lebih dari 2 minggu, dan saat ini saya sudah mulai terbiasa dengan workflow baru. Sudah banyak tips mengenai Lion OS X supaya sesuai dengan keinginan pemakai terutama para upgrader dari Snow Leopard. Berikut ini tips favorite saya.

Memunculkan karakter aksen

Menulis huruf é di Lion sekarang lebih gampang, tekan saja tombol “e” lebih lama dan akan muncul daftar variasi huruf e dengan aksennya. Berlaku juga untuk huruf-huruf lainnya yang mempunyai akses. Berguna sekali bagi Anda yang menulis dalam bahasa asing.

Mematikan pop-up karakter aksen

Nah ini tips untuk mematikan fitur diatas. Memang sih pop-up kecil seperti cukup membantu, tapi kita jadi tidak bisa mengetik mengulang huruf dengan menekan tombol lebih lama sepertiiiiiiiii innnii. Perintah berikut ini di terminal bisa membantu Anda mengilangkan fitur tersebut.

defaults write -g ApplePressAndHoldEnabled -bool false
Ganti false dengan true untuk mengaktifkannya kembali.

Memunculkan pesan email yang terkait

Buka Mail.app Preferences, ceklis bagian Show Related Message di tab Viewing. Mail.app akan memperlihat email yang berkaitan dengan email yang terdapat dalam sebuah percakapan.

Ganti ukuran icon sidebar

Ukuran icon sidebar dan Mail.app bisa ganti di dalam System Preference > General. Anda bisa memilih tiga ukuran. Silakan ganti sesuai selera Anda.

Customize System Preference

Anda sekarang bisa mengatur preference apa saja yang muncul di System Preference. Caranya, di menu System Preference klik menu View > Customize.

Matikan auto correction

Lion OS X bisa membetulkan salah ketik dengan otomatis. Tapi bagi yang tidak menulis dalam Bahasa Inggris, fitur tersebut cukup mengganggu. Misalnya mengetik “gak” eh.. malah jadi “gap”. Buka System Preference > Languang & Text, buka tab Text dan matikan “Correct spelling automatically”.

Memakai Emoji

Ketika di aplikasi apapun, coba cek menu Edit > Special Karakter. Di dalam windows Special Character akan ada kategori Emoji. Anda bisa memakainya dengan me-drag-n-drop emoji iconnya ke dalam aplikasi atau ketikan Anda.

Memunculkan folder Library

Secara bawaan Lion OS X menyembunyikan folder Library users. Pakai perintah ini di terminal untuk memunculkannya kembali.

chflags nohidden ~/Library/

Mematikan animasi Mail.ap

Animasi di Mail.app memang terlihat manis, tapi bikin kita menunggu, gunakan perintah ini di Terminal untuk menghentikan animasinya.

defaults write com.apple.Mail DisableReplyAnimations -bool YES

Membuat aplikasi desktop dengan Automator

Andi Inhatko menuliskan sebuah tutorial yang memungkinkan membuat sebuah aplikasi desktop dari suatu website menggunakan automator. Silakan cek tutorialnya.

Editor : Kuswanto

Latest