Follow Us

Setia Dengan Safari

Kuswanto - Minggu, 25 September 2011 | 08:59
Setia Dengan Safari

Dulu kala pengguna Mac OS X terpaksa harus memakai Internet Explorer, pada masa itu merupakan masa kelamnya dunia internet bagi pengguna setia Mac OS X. Apple kemudian membuat sebuah browser kesatria putih bernama Safari, yang mulai di luncurkan pada versi 10.2 sebagai aplikasi terpisah, dan mulai di masukan ke dalam Mac OS X versi 10.3. Safari adalah sebuah browser yang luar biasa, inilah alasannya.

Kenali Safari

Safari adalah web browser yang dibuat oleh Apple yang menggunakan engine WebKit, yang sekarang dipakai juga di Safari untuk iOS, Google Chrome, dan browser di Android. WebKit merupakan hasil forking (percabangan) oleh Apple dari KHTML yang dibuat oleh developer KDE, sebuah desktop Linux.

Safari untuk desktop bukanlah sebuah browser terpopuler, walaupun sudah ada versi Windows-nya, walaupun begitu Safari sangat terintegrasikan dengan OS X. Hal tersebutlah yang membuat Safari merupakan browser terbaik bagi OS X.

Fitur-fitur Yang Membantu

Fitur-fitur di safari yang pernah di bahas di tulisan sebelumnya membuat Safari menjadi lengkap. Terutama, fitur Reading List yang bisa menyimpan sebuah halaman situs untuk di baca dikemudian hari, tapi saat ini masih harus online, mudah-mudahan di versi selanjutnya bisa menyimpan halaman untuk dibaca ketika offline.

Salah satu fitur yang saya sukai adalah Reader, yang merubah sebuah halaman menjadi seperti tampilan di buku teks. Pernak-pernik situs yang tidak penting dihilangkan, yang ditampilkan hanyalah konten halaman tersebut.

Mendukung Fitur Baru OS X terbaru

Ketika ada OS X versi baru, seperti Lion OS X, Safari–pun menjadi sebuah aplikasi yang memanfaatkan fitur-fitur baru OS X. Di Lion OS X, Safari mendapatkan fitur Full Screen, desain Pop–over pada Download. Hal ini membuat pengguna mendapatkan pengalaman seru OS X baru.

Mencari Arti Sebuah Kata

Internet dipenuhi dengan konten berbahasa Inggris dan penuh dengan istilah-istilah yang asing. Dengan Safari, Anda bisa langsung melihat arti kata/istilah tersebut tanpa harus membuka aplikasi tambahan. Browser lain di OS X tidak ada yang bisa melakukan hal ini dengan cara se-elegan Safari.

Flash

Lion OS XUntuk melihat arti sebuah kata, klik kanan dikata yang ingin dilihat artinya, kemudian di menu kontekstual pilih Look Up. Safari langsung mencari artik kata tersebut dari Dictionary.app, kalau Anda terhubung ke internet ia akan memberikan informasi tambahan dari WikiPedia.

Snow LeopardAnda bisa menekan CMD+D untuk tombol pintas mencari arti kata. Tampilannya berbeda dan data yang ditampilkan tidak selangkap Lion OS X.

Simpan halaman dengan WebArchive

Dengan Safari Anda bisa menyimpan suatu halaman web dengan format WebArchive, tulisan gambar akan tersimpan sempurna, yang bisa Anda buka lagi kapanpun dalam keadaan offline. Fitur ini merupakan salah satu fitur favorite saya yang sangat berguna apabila sedang melakukan riset tulisan atau referensi.

Pencarian History yang lebih cepat

Bagi saya thumbnail situs di history Safari merupakan sebuah fitur yang sangat berguna, karena setiap hari saya berurusan dengan bidang visual. Judul sebuah laman website kadang tidak nyambung dengan isi atau gambar didalamnya, tapi dengan thumbnail, mencari sebuah laman di history jauh lebih gampang dan mudah.

Editor : MakeMac

Latest