Follow Us

4 Hal Yang Dapat Dilakukan Pada Mac Baru

Sayz Lim - Selasa, 18 Oktober 2011 | 13:13
4 Hal Yang Dapat Dilakukan Pada Mac Baru

Artikel kali ini membahas hal-hal yang dapat Anda lakukan pada Mac baru. Seperti pengubahan yang bisa Anda lakukan terhadap Windows. Mac juga dapat diubah sedemikian rupa sehingga menyerupai personalitas pemiliknya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat menjadi panduan awal bagi pemilik baru Mac.

Update Software

Saya pernah dengan semangatnya mengganti theme iTunes sehingga iTunes menjadi jauh lebih keren dari UI defaultnya. Sialnya adalah saya harus mengganti untuk kedua kalinya karena lupa melakukan update iTunes ke versi terbaru.

Sebelum Anda melakukan pengubahan apapun terhadap Mac Anda, sebaiknya pastikan semua sudah diupdate menjadi versi terbaru.

Anda dapat melakukan Software Update dengan mengakses simbol Apple di pojok kiri atas seperti gambar di atas.

Mengganti Setting OS X

Anda tahu apa yang membedakan expert user dengan average user? Expert user selalu melihat “Setting” setiap aplikasi yang digunakan terlebih dahulu, seperti memainkan permainan, expert user selalu mengecek setting agar pengalaman permainan sesuai yang diinginkan.

Jalankan System Preferences dan pelajari satu per satu konfigurasi yang tersedia. Dengan mengenal setting yang ada dan melakukan pengubahan sesuai kebutuhan, maka proses troubleshooting akan menjadi lebih sederhana.

Selain yang tersedia di System Preferences, Anda juga dianjurkan untuk membuka Preferences… yang dapat diakses dengan mengklik judul aplikasi di bagian kiri atas menu bar. Hal ini memungkinkan Anda mengubah konfigurasi yang terdapat pada setiap aplikasi yang sedang aktif digunakan.

Mengubah Tampilan

Mengubah tampilan di sini adalah memperindah tampilan OS X, bukan sebaliknya.

Yang paling sederhana adalah mengganti wallpaper desktop Anda. Saya tidak menganjurkan Googling untuk mendapatkan wallpaper. Sebaliknya, saya akan merekomendasikan beberapa website seperti iconpaper dan prettifyit dalam memilih wallpaper. Biasanya, wallpaper yang paling bagus dapat didownload langsung dari website photographer dan designer profesional.

Bagi Anda yang lebih rajin menelusuri, DeviantArt dan Macthemes bisa menjadi pilihan utama. Sebagian besar themes yang menjadi favorit pengguna Mac lahir di kedua website tersebut.

Pengubahan lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan CandyBar untuk mengubah icon dan Dock. Memang terdapat aplikasi gratis lainnya yang dapat melakukan hal yang serupa, tetapi, bagi Anda yang memang ingin mengoleksi themes dan selalu melakukan transformasi tampilan. Gunakan CandyBar.

Editor : MakeMac

Latest