Follow Us

Fitur-fitur Kecil iOS 5 Yang Asik

Kuswanto - Minggu, 23 Oktober 2011 | 11:25
Fitur-fitur Kecil iOS 5 Yang Asik

Sebelumnya sudah dibahas mengenai iMessage, iCloud, Notification Center, Find my iPhone dan cara mengaktifkan iTunes Wi-Fi. Kali ini akan dibahas mengenai fitur-fitur kecil yang asik di iOS 5 .

Dukungan Sistem Keyboard Emoji

Sebelum iOS 5, Emoji harus ditambahkan bisa dengan jailbreak atau instal aplikasi Emoji dari apps lain. Di iOS 5 Emoji sudah masuk ke sistem untuk iPhone dan iPad. Untuk menambahkannya masuk Settings > Keyboard dan tambahkan keyboard baru dengan menekan tombol “Add New Keyboard…” pilih Emoji dari daftar yang ada.

Setelah ditambahkan Keyboard Emoji, tekan tombol berlogo globe yang akan memunculkan pilihan icon Emoji. Tekan kembali tombol globe untuk kembali ke Keyboard QWERTY.

Belah Keyboard!

Sekarang di iPad keyboard bisa dibelah menjadi dua bagian. Memudahkan mengetik dengan jari jempol! Karena poisisnya yang terjangkau.

Untuk membelah keyboard tekan tombol yang ada icon Keyboard (di bagian kanan bawah) kemudian geser keatas.

Shortcuts Teks

Tampaknya Apple terinspirasi dengan aplikasi seperti TextExpander. Sekarang Apple menambahkan teks shortcut yang bisa meringkas tulisan menjadi kependekan.

Contoh di sini saya menambahkan Phrase: i love you i miss you i need you. Dengan Shortcut: iluimuinu (Gak kepikiran contoh lain…). Ketika saya mengetikan “iluimuinu” di Twitter.app misalnya, maka teks tersebut bisa menjadi “i love you i miss you i need you” hanya dengan menekan spasi.

Anda bisa menggunakan Shortcut untuk teks yang sering ditulis, misalnya menulis alamat. Shortcut bisa di tambahkan sebanyak-banyaknya.

Rich Text Formating

Jadi ingat pada saat iOS versi 1, mau copy-paste aja gak bisa. Sekarang di iOS 5 akhirnya bisa membuat format text Bold, Italic dan Underline.

Tap dua kali kata yang mau di style, terus tap panah, dan pilih “B I U”. Ya, agak panjang prosedurnya memang.

Formatting teks hanya bisa muncul kalau aplikasinya mendukung. Jadi, aplikasi seperti Message gak bisa formatting teks.

Ada Kamus di iOS

Menemukan kata Bahasa Inggris yang tidak dimengerti? Sekarang Anda bisa melihat kamus di iOS layaknya di OS X. Pilih kata dengan menekan dua kali dan klik tombol Define untuk melihat arti kata tersebut.

Editor : Kuswanto

Latest