Follow Us

Apple Rilis iBooks 2 dan iBooks Author

Fauzan Alfi - Jumat, 20 Januari 2012 | 08:44
Apple Rilis iBooks 2 dan iBooks Author

Semalam, Apple mengadakan event bertemakan pendidikan di Guggenheim Museum, New York. Di sana, Apple merilis iBooks 2, iBooks Author, kategori Textbooks di iBookstore dan iTunes U App untuk merevolusi dunia pendidikan.

iBooks 2 dan Textbooks di iBookstore

Sudah sejak lama, Apple berkomitmen untuk membantu dunia pendidikan ke arah yang lebih baik. Textbook merupakan bagian penting dari proses dunia pendidikan. Sayangnya, textbook tidak portable untuk dibawa kemana-mana, tidak interaktif, tidak tahan lama dan isi buku tidak dapat dimutakhirkan. Tetapi, textbook memiliki konten yang luar biasa. Melihat hal itu, Apple ingin membuat textbook menjadi portable, interaktif, tahan lama dan mudah untuk dimutakhirkan dengan iPad. Maka, Apple merilis iBooks 2 untuk perangkat iOS untuk ‘Reinventing Textbooks’.

Dalam event semalam, Vice President of Productivity Software and iWork, Roger Rosner mendemokan Textbooks di iBooks 2. Salah satu buku yang didemokan adalah buku Life on Earth. Diawali dengan tampilan movie yang memukau, di dalam buku itu kita bisa berinteraksi dengan berbagai macam fitur seperti model 3D, kuis interaktif dan sebagainya. Di dalam buku tersebut, terdapat juga Glossary yang dapat kita ubah menjadi ‘study card’. ‘Study card’ sangat efektif digunakan untuk menghapalkan istilah-istilah.

Textbooks di iBookstore

Untuk menyokong Textbooks, Phil Schiller mengumumkan adanya kategori Textbooks di iBookstore dan inovasi ini didukung oleh penerbit terkemuka antara lain Pearson, McGraw Hill, Houghton Mifflin Harcourt dan bahkan DK Publishing. Textbooks akan dijual dengan harga $14.99 atau kurang. Sayangnya, saat ini Textbooks hanya tersedia di iBookstore US.

iBooks 2 tersedia di AppStore untuk iPhone, iPad dan iPod touch dan gratis. Unduh di sini.

iBooks 2 dan Textbooks membutuhkan iTunes 10.5.3. (dapat dimutakhirkan melalui Software Update)

iBooks Author

iBooks Author

Apple pun merilis iBooks Author, aplikasi Mac untuk membuat buku interaktif di iBooks 2, sehingga semua orang bisa membuat buku interaktif dengan sangat mudah. iBooks Author memiliki tampilan yang dinamis dan seperti gabungan antara Pages dan Keynote. Aplikasi ini bersifat WYSIWYG dimana kamu bisa mengedit tampilan dan isi buku dengan langsung ditambah penambahan widget seperti movie, model 3D, kuis interaktif dan bahkan berkas Keynote.

Untuk dapat menerbitkan buku kita di iBookstore, kita harus membuat akun iTunes Connect khusus iBooks di sini.

iBooks Author tersedia di Mac App Store untuk OS X Lion dan aplikasi ini gratis. Unduh di sini.

Halaman Selanjutnya

iTunes U App
1 2

Editor : Fauzan Alfi

Latest