Follow Us

Ketahui Lebih Dalam Tentang Mountain Lion OS X 10.8

Kuswanto - Jumat, 17 Februari 2012 | 10:21
Ketahui Lebih Dalam Tentang Mountain Lion OS X 10.8

Apple lagi-lagi membuat semua orang tercengang dengan merilis Mountain Lion, versi Mac OS X 10.8 penerus Lion. Kami semua awalnya tidak percaya, mengira Mountain Lion hanyalah sebuah berita bohong. Tapi, setelah melihat halaman resmi di website Apple, Mountain Lion memang versi terbaru, malah versi developernya bisa dinikmati sekarang juga. Bagi pengguna umum, Mountain Lion akan tersedia pertengahan tahun ini.

Pada tag line halaman Mountain Lion, disebutkan bahwa Mountain Lion terinspirasi oleh iPad dan di imajinasikan ulang untuk Mac. Tampaknya Apple tidak main-main dengan pernyataan bahwa akan membawakan pengalaman iOS ke sistem operasi Mac OS X.

Inspired by iPad. Re-imagined for Mac. You’re about to use your Mac in all-new ways with OS X Mountain Lion.

Belakangan banyak jurnalis teknologi dan pengguna Mac OS X yang beranggapan bahwa Apple kehilangan minat dan meng-anak tirikan Mac OS X. Dengan munculnya preview Mountain Lion pada saat tak terduga merupakan sebuah counter yang telak menghancurkan anggapan-anggapan tersebut. Berdasarkan wawancara antara The Wall Street Journal dengan CEO Apple Tim Cook, Mac sangatlah penting bagi Apple.

We see that people are in love with a lot of apps and functionality here. Anywhere where that makes sense, we are going to move that over to Mac… We think about everything. We don’t close things off.

Pada Mountain Lion Anda akan mendapatkan pengalaman iCloud seperti layaknya di iOS. Akan membuat proses singkronisasi data antara iOS dan Mac OS X lebih mudah, cepat dan tentunya tanpa keluh kesal. Akan lebih banyak lagi pengalaman iOS disesuaikan bagi pengguna Mac OS X.

Mari kita urai fitur-fitur baru di Mountain Lion OS X, sebagian besar fitur baru merupakan transformasi iOS untuk Mac OS X.

iCloud

Semenjak iCloud diluncurkan sudah melayani proses singkronisasi lebih dari 100 juta pengguna. Sistem singkronisasi yang mudah membuat pengguna iOS dapat singkronisasi foto, email, kontak, kalendar, bookmark dan notes. Beberapa fitur seperti Reminders dan singronisasi dokumen langsung dari Mac OS X belum tersedia. Pada Mountain Lion, iCLoud akan langsung terintegrasikan ketika Anda memasang Mountain Lion, seperti ketika Anda aktivasi iOS 5. Semua data email, kalender, dokumen, reminders akan langsung tersingkronisasi ke seluruh perangkat yang mempunyai akun iCloud yang sama. Dan, dipastikan juga akan ada udpate aplikasi-aplikasi iWork dengan integrasi iCloud yang lebih baik daripada versi sekarang.

Messages

Ketika iPhone pertama kali diluncurkan, semua pengguna Apple langsung menjerit, kenapa tidak ada integrasi dengan iChat. Akhirnya, jeritan tersebut dijawab oleh Apple. Dengan Messages pengguna Mac OS X yang tidak mempunyai iOS bisa berkomunikasi dengan pengguna iOS dan sebaliknya. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah akun Apple ID yang gratisan, Anda pun bisa saling kirim-kiriman pesan teks ke kontak Anda gratis dan tak ada batas.

Reminders dan Notes

Reminders di iOS sangat membantu sebagai pengingat, karena bisa memberikan pemberitahuan sampai ke menit. Tidak seperti aplikasi ToDo kebanyakan yang hanya memberikan pembertahuan harian. Pada Mountain Lion Anda bisa menikmati Reminders di Mac OS X lengkap dengan antar muka yang mirip dengan iOS. Reminders antara iOS dan Mac OS X langsung tersingkronisasikan melalui iCloud. Anda tidak akan pernah lupa lagi untuk mengirimkan hadiah atau tugas dari Pak Boss.

Notes di Mountain Lion tampaknya sudah bercerai dengan Mail.app. Nantinya Notes berdiri sendiri sebagai sebuah aplikasi yang antarmukanya mirip dengan Notes di iOS. Semua Notes pastinya tersingkronisasi melalui iCloud. Anda bisa mengirimkan Notes melalui email atau Messages, Anda juga bisa memasukan gambar ke Notes. Berdasarkan gambar ini, Notes bisa jadi menggantikan Sticky Notes yang sudah berumur.

Notification Center

Di Mac OS X notikasi dirajai oleh Growl, tampaknya Apple kali ini mengancam kelangsungan hidupnya Growl sebagai sebuah aplikasi notifkasi. Notification Center yang dibesut oleh Apple mirip dengan desain Growl. Selain tampilan ala Growl, Notification Center juga mempunyai tampilan seperti di iOS dengan teksture linen-nya, ditempatkan di sebelah kanan layar.

Editor : MakeMac

Latest