Follow Us

10 Aplikasi Twitter Keren Untuk Mac OS X

Sayz Lim - Senin, 26 Maret 2012 | 12:30
10 Aplikasi Twitter Keren Untuk Mac OS X

Terakhir kali MakeMac menyusun daftar aplikasi Twitter unggulan untuk Mac adalah 3 tahun lalu. Twitter telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat selama 3 tahun terakhir, terutama di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan pengguna Twitter dan Mac di Indonesia, mungkin kini saatnya kita melirik kembali aplikasi Twitter untuk OS X saat ini.

Osfoora for Mac

Osfoora for Mac sudah pernah kami bahas sebelumnya. Merupakan salah satu aplikasi Twitter dengan tampilan yang cukup memuaskan saat ini, Osfoora menggunakan animasi yang smooth di mata pengguna. Fitur-fitur di Osfoora tergolong cukup banyak walaupun tidak dipungkiri bahwa versi pertama masih belum mendukung streaming dan drag to refresh.

Twitter

Aplikasi resmi Twitter menjadi inspirasi bagi banyak aplikasi yang sudah beredar di pasar dengan desain sidebarnya. Membandingkan aplikasi ini dengan aplikasi Twitter pihak ketiga lain yang sudah beredar, Twitter for Mac terkesan “kuno”. Fitur lain seperti mute, filter, higlight, Tweet Marker tidak dapat ditemukan pada aplikasi resm ini.

Apabila Anda hanya ingin sekedar ngetweet dan mengikuti timeline, Twitter for Mac bisa mempermudah kegiatan tersebut dengan adanya Live Stream dan Scroll to top.

Yorufukurou

Free yet powerful. Yorufukurou sangat responsif, mendukung real time streaming, memiliki fitur drawar seperti Echofon, search within timeline, dan yang paling powerful adalah sistem tab.

Tab di sini bisa disusun sesuai kebutuhan. Misalnya saya sendiri menggunakan beberapa list untuk mengikuti timeline, maka saya bisa membuat tab dari list-list yang saya miliki. Selain list, saya juga dapat membuat filter dari timeline. Filter di sini dapat berupa username ataupun keyword. Misalnya, saya bisa membuat sebuah tab yang filter keyword “iPad” sehingga isi timeline ini selalu mengandung keyword “iPad”.

Desain Yorufukurou tidak cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki lebih dari satu akun Twitter karena mengganti akun perlu klik profile picture di mana sangat memakan waktu.

Twitterrific

Twitterrific menampilkan mention dan direct message pada satu halaman yang disebut unified timeline. Tidak semua orang nyaman dengan konsep Twitterrific yang satu ini, terutama bagi Anda yang terkenal dan selalu dimention, karena mention juga ditampilkan dalam satu timeline. Untuk mencegah hal tersebut, Twitterrific memberikan pilihan untuk hanya menampilkan mention dari orang yang Anda follow.

Jenis tweet dibedakan berdasarkan jenis warna dan Twitterrific memiliki 2 tema secara default. Twitterrific mendukung Growl, Tweet Marker, dan berbagai jenis layanan Upload Services, URL Shortener, dan Bookmarking. Saya menyukai salah satu fitur Twitterrific yang menampilkan conversation dengan window baru, di mana aplikasi yang lain biasanya menbuka link di browser.

Kiwi

Membahas kustomisasi, saya rasa tidak ada aplikasi yang bisa menandingi Kiwi. Anda bisa membuat theme sendiri menggunakan CSS seandainya tidak terdapat theme yang cukup memuaskan. Rules memberikan kemampuan ke pengguna dalam mengimplementasikan CSS terhadap tweet yang mengandung keyword ditentukan.

Manajemen akun lebih dari satu dilakukan menggunakan tabs. Kiwi memanfaatkan tab dalam banyak hal seperti tab tersendiri untuk search, atau mention terhadap user ketika memilih nama user di timeline.

Kiwi dinilai sangat kuat dalam segi kustomisasi, tetapi Kiwi sering terlambat mengikuti perkembangan teknologi seperti mendukung lists, Tweet Marker, dan unwrapping url t.co. Kalau Anda ingin mengetahui seberapa powerful aplikasi ini, Kiwi tersedia versi iklan yang dapat digunakan secara gratis.

Editor : MakeMac

Latest