Follow Us

Mainkan Music Tanpa iTunes dengan Ecoute

Kuswanto - Kamis, 22 Maret 2012 | 10:29
Mainkan Music Tanpa iTunes dengan Ecoute

iTunes awalnya diciptakan sebagai pemutar dan manajemen musik untuk iPod. Ketika iPhone dan iPad diluncurkan iTunes fiturnya bertambah menjadi manajer aplikasi dan juga tempat belanja aplikasi. Sekarang, memutar musik di iTunes dirasakan kurang nyaman karena ada banyak gangguan dari fitur-fitur lain. Pengguna Mac yang suka dengan aplikasi minimalis berpindah ke pemutar musik lain, salah satunya adalah Ecoute.

Ecoute dibuat oleh PixiApps, sebuah tim developer OS X kecil yang hanya terdiri dari 2 orang. Ecoute merupakan sebuah aplikasi yang berkualitas, antarmuka ditata dengan rapih dan penuh perhitungan. Selama saya memakai Ecoute v.3, belum pernah sekalipun crash. Mari kita lanjutkan ke fitur-fitur yang akan membuat Anda tidak akan pernah memutar musik di iTunes lagi.

Terhubung dengan Library iTunes

Pengguna OS X sekarang hampir memasukan semua file multimedia ke iTunes yang isinya bergiga-giga bytes. Jangan khawatir, Anda tidak perlu memindahkan atau membuat copy lagu-lagu Anda, yang tentunya akan memakan ruang lagi รขโ‚ฌโ€œ karena Ecoute membaca dan menulis library iTunes Anda.

Sebenarnya Ecoute tidak hanya memutar musik di library iTunes, bisa juga membaca PodCast, Movies dan TV Shows yang bisa diakses melalui menu Filter. Ecoute hanya bisa berpindah-pindah antara Filter, itulah kenapa disebutnya sebagai Filter.

Selain membaca library iTunes, Ecoute juga mampu menulis atau bisa disebut juga sinkronisasi dengan iTunes. Data rating, mengubah album cover atau lagu apa yang Anda putar di Ecoute akan di sinkronisasi dengan iTunes ketika Ecoute dimatikan.

Cara Menggunakan Ecoute

Cara memilih lagu di Ecoute sebenarnya sistemnya sama dengan iTunes, hanya saja disuguhkan secara berbeda. Anda harus memilih browse lagu berdasarkan kategori, album, artist dan lain-lain yang bisa diakses di sebelah kiri bagian window Ecoute.

Untuk memilih lebih dari satu list, pilih list sambil menekan tombol shift. Selanjutnya Anda tinggal menyuruh Ecoute memutar lagu dengan klik dua kali judul lagu atau tekan tombol Play.

Selain Desktop Widget, Anda juga bisa melihat album cover berukuran besar di dalam jendela Ecoute, disebut sebagai Artwork View yang bisa diakses dengan menekan tombol mata (seperti Quicklook). Dalam mode ini hanya ditampilkan album cover dan rating lagu tersebut.

Menerapkan Album Cover

Ada banyak cara menerapkan album cover, dengan Ecoute mencari album cover menjadi jauh lebih mudah dan sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah akses menu File > Get Album Artwork. Ecoute akan mencarikan album cover berdasarkan meta tag lagu tersebut. Di bawah ini saya mencari sebuah album cover penyanyi jepang yang kurang begitu terkenal, dan ternyata cover albumnya berhasil didapatkan oleh Ecoute.

Desktop Widget

Desktop widget ini mirip dengan apa yang disuguhkan oleh Bowtie. Menampilkan album cover lagu yang sedang diputar. Beberapa theme widget menampilkan progress bar dan kontroler untuk mengatur track musik Anda. Desktop Widget ini selain terlihat cantik juga bisa mempermudah Anda mengontrol track.

Anda bisa mengunduh theme widget tambahan dari berbagai sumber, atau coba saja googling. Ada banyak theme yang keren-keren bisa dipakai. Untuk menambah theme, Anda cukup klik ganda file theme tersebut, kemudian akan masuk ke Ecoute Preference > Themes.

Bagi yang tertarik untuk membuat theme widget Ecoute bisa melihat dokumentasi yang disediakan oleh PixiApps. Anda hanya perlu menguasai HTML dan CSS untuk membuatnya.

Editor : Kuswanto

Latest