Follow Us

Activator, Launcher Buat iOS

Andrie Rifani - Jumat, 18 Mei 2012 | 20:00
Activator, Launcher Buat iOS

Menjalankan Facebook dengan menekan dua kali tombol volume? Membuka Twitter dengan cara menggoyangkan iDevice kamu? Semua bisa dilakukan dengan tweak unik bernama Activator ini. Activator merupakan tweak yang dapat mengatur shortcut terhadap sebuah aplikasi menurut button gesture (menekan salah satu tombol dengan beberapa cara) atau gesture (pergerakan tangan). Aplikasi besutan Ryan Petrich ini sudah cukup lama hadir di Cydia, dan merupakan salah satu tweak terbaik hingga kini.

Aktivasi

Activator memberikan 4 (empat) pilihan tempat dalam mengaktifkan fitur-fitur yang sudah kita tentukan sebelumnya. Pertama adalah Anywhere, yang berarti kamu dapat mengaktifkan seluruh fitur dimana saja, kemudian yang kedua adalah At Home Screen, lalu In Application, dan terakhir At Lock Screen.

Setelah kamu memilih tempat pengaktifan, selanjutnya kamu akan diberikan pilihan bagaimana cara mengaktifkannya. Ada banyak pilihan disini, seperti lewat Home button, Sleep button, Volume button, Status Bar. Apabila ingin mengaktifkan suatu fitur pada posisi iDevice yang sedang terkunci, terdapat pula beberapa cara, antara lain dengan melakukan double tap pada area yang menampilkan jam, dengan menggoyangkan iDevice, bahkan dengan menyambungkan iDevice ke sumber tenaga.

Fitur

Kini pada versi 1.6.2, Activator hadir dengan beberapa perubahan yang cukup baik, antara lain, Activator sudah compatible untuk kamu yang sudah menggunakan iOS 5.1. Fitur tambahan yang cukup menarik adalah Headset Connected/Disconnected Events. Fitur-fitur lainnya juga bisa kamu atur sesuai dengan selera kamu. Misalnya, kamu ingin mengunci iDevice kamu, dengan cara menggoyangkannya. Hal ini dapat kamu atur pada bagian Shake Device lalu memilih Lock Device.

Pada bagian bawah dari Activator terdapat Blacklist yang akan membuat Activator tidak aktif pada saat membuka suatu aplikasi, dan list dari aplikasi itu sendiri dapat kamu pilih. Kemudian terdapat pula Reset Settings yang akan mengembalikan Activator kepada pengaturan awal.

Kamu dapat mengunduh Activator secara gratis pada repository BigBoss. Beberapa tweak Cydia lain bahkan terikat dengan Activator, sehingga apabila kamu mengunduh beberapa tweak di Cydia (SBSettings misalnya), maka Activator akan terunduh secara otomatis.

Akhir Kata

Aktifkan seluruh fitur dengan bijak, jangan menugaskan fitur Unlock Device pada At Lock Screen, karena ditakutkan iDevice kamu akan unlock secara tidak sengaja. Tampilan yang sederhana pada Activator seharusnya dapat dipahami oleh seluruh pengguna dengan baik. Sebagai bahan referensi, pada fitur Headset Connected/Disconnected Events saya mengatur agar pada saat Headset saya tersambung dengan iDevice, maka iDevice saya akan memutar lagu di iPod dengan otomatis. Karena iPod saya memutar lagu secara acak, maka kadang iPod memutar lagu yang mungkin kurang saya sukai, oleh karenanya saya atur kembali agar apabila saya menekan tombol Headset dan menahannya beberapa saat, maka iPod akan memutarkan lagu selanjutnya (Next Track).


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest