Follow Us

DashExpander Menghemat Waktu Mengetik

Sayz Lim - Kamis, 31 Mei 2012 | 13:30
DashExpander Menghemat Waktu Mengetik

Mengetik sudah menjadi kegiatan sehari-hari orang yang menggunakan komputer. Kegiatan mengetik sendiri bisa dipercepat dengan menggunakan aplikasi yang bernama DashExpander.

DashExpander adalah sebuah aplikasi untuk memperluas singkatan. Cara kerja aplikasi ini serupa dengan TextExpander yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang yang sering bekerja dengan teks.

Gagasan dan Cara Kerja

Alasan di balik terciptanya aplikasi sejenis ini adalah membantu pengguna untuk menghemat waktu dalam melakukan hal yang sama berulang-ulang. Demikian juga dalam mengetik. Biasanya orang selalu mengetik hal serupa berkali-kali.

Dengan menggunakan DashExpander, kamu bisa menentukan singkatan-singkatan yang dapat diperluas nanti. Fasilitas ini serupa dengan text substitution di iOS 5.

Kamu bisa menentukan sebuah singkatan bernama kthx, kemudian kamu memasukkan kalimat “Okay, thanks!” sebagai perluasannya. Dengan demikian, setiap kali kamu mengetik kthx, maka secara otomatis singkatan tersebut akan diperluas menjadi “Okay, thanks!”.

“Snippets” dan “Tags”

Antarmuka DashExpander dibagi menjadi 2 kolom. Kolom kiri menampilkan semua snippet sedangkan kolom kanan menampilkan perluasan kata dari snippet yang dipilih.

Membuat snippet baru dapat dilakukan dengan memilih “New Snippet” pada kolom kiri. Kemudian kamu bisa menentukan abbreviation atau singkatan yang akan digunakan nanti. Saya membuat sebuah singkatan “#tmw” yang akan diperluas menjadi:

Time Machine merekap berita-berita mengenai Apple yang telah dipublish di MakeMac selama satu minggu terakhir.

Kamu juga bisa menentukan tag untuk mengatur snippet yang sudah dibuat. Setelah semuanya diisi, kamu cukup klik “Add New Snippet” dan snippet tersebut akan ditambahkan oleh DashExpander.

Tag atau label merupakan sebuah pendekatan yang baik dalam mengatur snippet. Sebuah snippet bisa digunakan dalam berbagai hal, seperti sebuah snippet ucapan terima kasih bisa saja digunakan dalam pekerjaan maupun pribadi. Kamu bisa membuat snippet “tthankyou” dan menambahkan tag “Work” dan “Personal” ke snippet tersebut.

Fill-in

Snippet juga bisa menjadi lebih berguna dengan fasilitas “Fill-in”. Dengan memanfaatkan “Fill-in”, kamu dapat memasukkan kata-kata tertentu pada saat perluasan. Contoh di bawah adalah sebuah snippet yang akan meminta kamu mengisi “Name”, “gifts”, dan “My Name” secara berurutan.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : MakeMac

Latest