Follow Us

Yang Baru di Mountain Lion OS X Pada WWDC 2012

Kuswanto - Selasa, 12 Juni 2012 | 12:55
Yang Baru di Mountain Lion OS X Pada WWDC 2012

Pada WWDC 2012 yang dilaksanakan dini hari ini, Apple mengumumkan banyak sekali fitur baru yang luar biasa membuat orang tercengang. Tentunya Mountain Lion OS X di umumkan, dibeberkan fitur-fitur baru yang belum pernah diketahui umum, berikut ini ringkasannya.

iCloud di mana-mana

iCloud pada Mountain Lion sekarang terintegrasi dengan sistem. Ketika kita login ke OS X dengan Apple ID, OS X akan melakukan singkronisasi dan kita tinggal pakai. Kalau sudah setup email di iPhone, kita bisa langsung pakai akun email tersebut di OS X tanpa perlu repot-repot lagi setup ulang. Kabar baik bagi penggemar iWork, iCloud akan terintegrasikan dengan iWorks (Pages, Numbers dan Keynote). Kita bisa bekerja di Mac kemudian melanjutkannya di iPad tanpa perlu colok kabel lagi.

Reminder Notes dan Messages

Kami sudah pernah mengulas Messages versi beta untuk Lion OS X dan menuliskan tutorialnya tentang cara penggunaanya. Ketiga aplikasi tersebut nantinya akan tersedia di Mountain Lion OS X, dan terintegrasikan langsung dengan iCloud, semua data akan tersingkronisasikan melalui iCloud, asiknya….

Notification Center

Notification center merupakan fitur baru di Mountain Lion OS X yang berasal dari iOS. Sebelumnya pernah diulas, ada beberapa hal baru yang diungkapkan oleh Apple. Notification Center mempunyai Don’t Disturb mode, apabila aktif, tidak akan menerima notification.

Dictation di OS X

Dictation sudah tersedia di iPad, nanti kita bisa menikmati fitur ini di Mountain Lion OS X. Dengan Dictation kita bisa mendikte OS X untuk menuliskan apa yang kita ucapkan. Tentunya saat ini Bahasa Indonesia belum didukung.

Power Nap

Satu lagi inovasi dari Apple. Kita sering meninggallkan laptop dalam keadaan sleep, bukan? Di Mountain Lion, bahkan ketika sedang sleep, OS X akan bekerja memperbaharui diri. Power Nap akan mengambil pembaharuan seperti email, dan data dari iCloud. Bahkan ketika terhubung ke power source, OS X akan melakukan backup ke Time Machine. Saya sangat senang dengan fitur yang satu ini.

Sharing melalui Twitter dan Facebook

Pada rilis Mountain Lion OS X sebelumnya, sharing hanya ada Twitter saja. Apple mengintegrasikan Facebook ke dalam sistem, membuat kita bisa sharing apapun ke Facebook dan Twitter. Kata siapa Apple benci Facebook?

Selain sharing ke Facebook, Apple pun mengintegrasikan kontak dengan Facebook. Artinya apabila teman kita yang ada di kontak mempunyai email yang sama dengan Facebook, Address Book akan mengambil data lainnya untuk melengkapi data yang ada di Facebook, mirip-mirip apa yang Cobook.app lakukan.

Airplay Mirroring to Apple TV

Kalau kamu punya Apple TV, kamu bisa mirroring apa yang kamu lihat di Mac ke layar TV besarmu. Tidak ada yang istimewa dari fitur ini, lagipula Apple TV tidak bisa dipakai untuk akun iTunes Indonesia, kecuali kalau kamu punya koneksi broadband dan akun iTunes USA.

Game Center, Hore!

Masa-masa kegelapan Mac tidak mempunyai game, punahlah sudah! Dengan Game Center kita bisa bersaing dengan teman kita yang memainkan game yang sama di iPhone. Achievment setiap game akan disingkronisasikan melalui iCloud, begitu juga dengan daftar game dan teman kita.

Fitur baru di Safari

Safari mempunyai tampilan seperti chrome, tidak ada lagi search input, Address Bar dan Search Input disatukan.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : MakeMac

Latest