Follow Us

Bartender Mengurus Menu Bar Yang Berantakan

Sayz Lim - Rabu, 20 Juni 2012 | 11:15
Bartender Mengurus Menu Bar Yang Berantakan

Kamu tahu apa bagian mana yang menjadi favorit saya dari OS X? Menu bar! Bagian tersebut selalu dipenuhi dengan ikon-ikon imut hasil para desainer aplikasi OS X. Tidak heran apabila menu bar menjadi bagian yang sering diperhatikan. Selain sebagai tempat saya memantau waktu, di sana juga saya memeriksa perubahan file yang terjadi di Dropbox.

Seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja menu bar bisa dipenuhi ikon-ikon sistem dan aplikasi. Walaupun saya cukup selektif dalam memberikan izin kepada aplikasi berjalan secara aktif terus menerus, tetap saja menu bar mulai dipenuhi dengan berbagai jenis ikon.

Andaikan saja ada sebuah aplikasi yang bisa menyembunyikan dan menampilkan ikon menu bar dengan sederhana seperti screenshot di bawah ini.

Aplikasi tersebut adalah Bartender.

Bartender dirancang dan dikembangkan oleh Surtees Studios. Cofounder Surtees Studious, Ben Surtees membangun studio tersebut dengan sebuah visi untuk membuat aplikasi yang menjawab kebutuhan pengguna OS X secara spesifik. Alasan inilah yang membuat Bartender menjadi sebuah aplikasi dengan fokus yang begitu kuat dalam mengurus menu bar.

Bartender bisa menyembunyikan semua ikon pada menu bar termasuk menu bar sistem seperti Battery, Wi-Fi, dan Bluetooth. Bartender memiliki menu bar tersendiri yang diberi nama “Bartender Bar”. Bartender bar bisa disembunyikan dengan mudah dan terpisah dari menu bar OS X. Fungsi utamanya adalah menampung ikon-ikon yang ingin kamu sembunyikan dari menu bar OS X tetapi tetap ingin mengakses ikon-ikon tersebut pada Bartender bar ketika membutuhkannya. Kamu juga bisa menggeser posisi Bartender bar ke kiri dan kanan.

Jalankan Bartender dan ia akan menampilkan daftar aplikasi yang sedang menggunakan menu bar. Kemudian kamu dapat menyembunyikan ikon setiap aplikasi di menu bar secara keseluruhan, atau kamu bisa memindahkannya ke Bartender bar.

Saya memilih untuk mempertahankan aplikasi yang memiliki fungsi di menu bar, seperti Droplr dan CloudApp untuk file sharing, dan DropIn untuk menampilkan daftar perubahan file di Dropbox. Sedangkan Battery, Wi-Fi, F.lux dan beberapa aplikasi lainnya saya menyembunyikannya di Bartender bar. Aplikasi yang menu bar sama sekali tidak memiliki manfaat—seperti Cobook—akan saya sembunyikan secara keseluruhan.

Kalau kamu lebih memilih sebuah menu bar yang bersih secara total, tetapi tetap ingin mengetahui perubahan yang terjadi pada ikon di menu bar, maka Bartender memberikan pilihan menampilkan menu bar yang mengalami perubahan untuk beberapa lama kemudian. Pilihan ini bisa kamu terapkan pada Dropbox yang sering mengalami perubahan atau ikon Twitter yang nyala karena ada mention.

Memunculkan Bartender bar bisa melalui beberapa cara yaitu:

Editor : MakeMac

Latest