Follow Us

Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Update ke Mountain Lion

Sayz Lim - Jumat, 20 Juli 2012 | 15:05
Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Update ke Mountain Lion

Mountain Lion dikabarkan akan tersedia di App Store pada tanggal 25 Juli ini. OS X terbaru buatan Apple ini adalah sebuah versi peningkatan dan pemolesan dari OS X Lion yang masih dinilai tidak cukup stabil oleh sebagian pengguna. Alhasil, sampai saat ini masih terdapat pengguna yang bertahan di OS X Snow Leopard.

Pengguna OS X Snow Leopard seharusnya menyukai dengan OS X Mountain Lion di mana terdapat banyak peningkatan terutama dalam performance apabila dibandingkan ke OS X Lion. Mengapa tidak sekalian memanfaatkan kesempatan kali ini untuk berpindah ke OS X Mountain Lion?

Terdapat beberapa hal umum yang perlu diperhatikan setiap kali melakukan update OS. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memperbarui sistem operasi.

Sekilas Tentang OS X Mountain Lion

OS X Mountain Lion adalah sistem operasi terbaru Apple yang dijadwalkan tanggal peluncurannya pada akhir bulan Juli. OS X Mountain Lion memiliki lebih dari 200 fitur baru dan membawa banyak fitur-fitur dari iOS ke OS X. OS X Mountain Lion tersedia di Mac App Store dengan harga $19.99,-. Untuk pembelian Mac yang dilakukan setelah 11 Juni 2012 bisa mengikuti program Up-to-Date dan mendapatkan Mountain Lion secara gratis.

Beberapa fitur baru di Mountain Lion adalah sebagai berikut:

  • Integrasi iCloud yang menjembatani data antara Mac, iPhone, iPod touch, dan iPad sehingga data selalu sama.
  • Reminders & Notes untuk mempermudah kamu mengatur jadwal kegiatan dan membuat catatan melalui Mac.
  • Messages memberikan kamu kemampuan mengirimkan dan menerima iMessage baik berupa pesan, foto, maupun video.
  • Notification Center berfungsi sebagai tempat untuk mengetahui kegiatan aplikasi yang terjadi pada Mac.
  • Power Nap (Khusus Mac dengan SSD) yang tetap memastikan update dan berbagai kegiatan berjalan ketika Mac dalam keadaan charging.
  • Sharing yang mempermudah berbagi setiap konten dengan beberapa klik.
Masih banyak fitur lainnya yang terdapat pada OS X Moutain Lion, di sini saya cuma menjelaskan beberapa saja. Kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang Mountain Lion dengan membuka situs resmi Apple.

Memastikan Mac Bisa Menggunakan Mountain Lion

Apple menggunakan penjelasan spesifikasi minimum yang agak berbeda tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, Lion menggunakan jenis prosesor untuk menentukan spesifikasi minimum. Tahun ini Apple menentukan layak tidaknya untuk upgrade ke OS X Mountain Lion berdasarkan model mesin. Model-model yang didukung oleh OS Mountain Lion berdasarkan halaman spesifikasi Apple adalah sebagai berikut:

  • iMac (Mid 2007 or newer)
  • MacBook (Late 2008 Aluminum, or Early 2009 or newer)
  • MacBook Pro (Mid/Late 2007 or newer)
  • Xserve (Early 2009)
  • MacBook Air (Late 2008 or newer)
  • Mac mini (Early 2009 or newer)
  • Mac Pro (Early 2008 or newer)

Untuk mengetahui model mesin yang kamu miliki, pilih lambang Apple () > About This Mac > More Info…. Saya rasa Apple akan mempermudah pengguna dengan tidak mengizinkan pembelian OS X Mountain Lion pada mesin yang tidak didukung.

Kamu juga perlu memastikan minimum OS X yang digunakan adalah Snow Leopard 10.6.8 atau lebih baru karena Mac App Store adalah jalur utama untuk mendapatkan Mountain Lion.

Mengecek Kompabilitas Aplikasi

Kompabilitas merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum upgrade ke OS manapun. Kamu tidak akan ingin aplikasi yang digunakan tidak bekerja sehingga menjadi kendala dalam menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan sehari-hari. Di sini peran memilih aplikasi berkualitas mengambil perang penting dalam menentukan seberapa repotnya kamu sekarang. Ada beberapa cara untuk mengecek kompabilitas aplikasi yang bisa saya bagikan dalam 2 tips berikut:

  • Mengunjungi Situs Developer untuk memeriksa apakah aplikasi mereka sudah mendukung OS X Mountain Lion. Kamu juga bisa menghubungi mereka melalui email atau Twitter untuk mengetahui kapan mereka akan mendukung Mountain Lion.
  • Menggunakan Roaring Apps adalah cara paling sederhana. Cukup masukkan nama aplikasi ke dalam kolom pencarian Roaring Apps dan kompabilitas aplikasi tersebut akan ditampilkan.

Editor : MakeMac

Latest