Follow Us

Notificator Menambahkan Fungsi Tambahan Notification Center

Andrie Rifani - Rabu, 01 Agustus 2012 | 12:00
Notificator Menambahkan Fungsi Tambahan Notification Center

Notification Center adalah sistem pemberitahuan yang pertama kali diperkenalkan pada iOS 5 dan akan terdapat pula pada OS X Mountain Lion. Notification Center juga tidak terlepas dari fitur Push Notification Service, di mana layanan ini diluncurkan pertama kali oleh Apple bersamaan dengan iOS 3 pada 17 Juni 2009. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, Notification Center akan selalu berjalan apabila kamu memiliki koneksi internet.

Pembahasan tweak kali ini memberikan fungsi lain pada Notification Center. Bentuk notifikasi yang diberikan oleh tweak ini merupakan notifikasi-notifikasi yang tidak memerlukan koneksi internet. Tweak ini bernama Notificator, dibuat oleh seorang developer Cydia yang bernama McNight. Tweak ini bertindak mirip dengan Activator, di mana pada saat kamu melakukan suatu perubahan pada iOS kamu, Notificator akan mengeluarkan notifikasi dalam bentuk bubble dan banner dengan suara yang bisa kamu variasikan.

Fitur

Notificator memberikan pilihan notifikasi bubble/banner dan dapat pula ditambahkan dengan 20 (dua puluh) pilihan suara. Terdapat dua bagian yang membedakan kemunculan notifikasi ini, yaitu New Events dan Existing Events. Pada New Events pilihan notifikasi yang dapat kamu gunakan adalah, apabila kamu mengaktifkan 3G/Edge, meng-install aplikasi, Charging, Full Charge, Syncronize, menghidupkan/mematikan Wi-Fi, menghidupkan/mematikan Bluetooth, mode Airplane, memasang Headset, dan. melakukan Screenshot. Sedangkan pada Existing Events, pilihan notifikasi yang dapat kamu gunakan adalah, pada saat Low Battery, kehilangan sinyal telepon, dan saat mendapat pilihan koneksi Wi-Fi.

Selain itu, terdapat pula bagian Sound Previewer untuk sekedar mendengar bagaimana bentuk suara yang dihasilkan. Kamu juga dapat memasukkan suara yang kamu miliki hanya dengan menambahkannya ke dalam /var/mobile/Library/Notificator. Sebagai tambahan informasi, format suara yang dapat dibaca oleh Notificator adalah .caf. Kamu juga dapat melakukan variasi terhadap format penulisan notifikasi dengan merubah string file yang terdapat pada /Library/PreferenceBundles/NotificatorPrefs.bundle dan jangan lupa untuk melakukan respring.

Kesimpulan

Notificator bisa kamu dapatkan di Cydia dengan membayar sebesar $0.99. Tweak ini saya rasa cukup unik, karena dapat memberikan fungsi lain dari Notification Center. Banner notifikasi yang muncul pada Status Bar tiap kali Notificator aktif saya rasa sudah cukup, sehingga saya merasa terganggu apabila banner terus menempel pada panel Notification Center. Untuk menghindari hal tersebut, saya melakukan pengaturan pada Settings > Notifications dan tidak memasukkan Notificator pada Notification Center.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest