Follow Us

Safari 6: Sebuah Browser Elegan Dari Apple

Sayz Lim - Rabu, 01 Agustus 2012 | 14:00
Safari 6: Sebuah Browser Elegan Dari Apple

Safari 6 hadir di Mountain Lion sebagai sebuah perubahan besar dengan peningkatan yang menyenangkan bagi pengguna. Sekalipun Safari tidak begitu ramah dengan alokasi RAM, berkat fitur-fiturnya yang bersahabat dan sederhana membuat saya betah menggunakannya sebagai browser utama di Mac.

Kali ini Safari 6 mendapatkan tambahan fitur dari sisi penggunaan serta teknologi bagi web developer. Dalam artikel ini akan kita akan mengenal beberapa fitur baru yang bakal membuat dirimu semakin suka dengan Safari.

Tab View

Salah satu perubahan adalah bagaimana Safari 6 menampilkan tab. Tab secara otomatis akan dibagi rata lebarnya berdasarkan ukuran lebar window Safari. Ini tentu saja berbeda dengan Safari 5 yang memiliki ukuran lebar tetap untuk setiap tab.

Tab View menampilkan semua preview tab serupa dengan Mobile Safari yang bisa kamu aktifkan dengan pinch-in atau mengetik ⌘+⇧+. Kemudian kamu bisa berpindah antar tab dengan swipe dan menutup tab aktif dengan ⌘+W. Fitur ini sangat berguna untuk melihat sekilas semua tab yang aktif.

Mendekati peluncuran iOS 6 pada September ini, Safari juga memiliki iCloud Tabs yang menyimpan semua tab aktif di perangkat iOS dengan iCloud ID yang sama.

Unified Smart Search Field

Safari 6 tidak lagi memiliki search field terpisah seperti pada versi sebelumnya. Kali ini Safari 6 memiliki sebuah search field yang menyerupai Google Chrome untuk membuka URL dan melakukan pencarian.

Apabila kamu sudah terbiasa dengan Omnibar di Google Chrome, maka kamu juga akan terbiasa dengan Smart Search Field buatan Apple. Ini adalah sebuah perubahan yang belum tentu diterima setiap pengguna dengan baik. Namun bagi saya, fitur ini adalah sebuah fitur yang sangat membantu dalam menggunakan Safari.

Safari 6 lebih pintar daripada Safari 5 dalam menebak pencarian yang kita masukkan. Dengan memanfaatkan informasi yang sudah tersimpan di bookmarks dan history, hasil yang ditawarkan juga lebih tepat. Pilihan search history dan go to site dapat diakses lebih mudah dengan memanfaatkan Command+Panah Bawah/Atas.

Sharing

Mountain Lion dibekali dengan kemampuan sharing yang bisa ditemukan pada setiap aplikasi. Safari merupakan salah satunya. Kamu memiliki beberapa pilihan untuk membagikan halaman yang sedang dibuka seperti melalui Mail atau Messages, post ke Facebook atau Twitter.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : MakeMac

Latest