Follow Us

Mengenal Guided Access Mode di iOS 6

Sayz Lim - Senin, 08 Oktober 2012 | 17:00
Mengenal Guided Access Mode di iOS 6

Apple mengenalkan sebuah fitur baru dalam pengaturan Accessibility yaitu Guided Access untuk membantu guru-guru dan orang tua dalam memanfaatkan iPad sebagai alat pengajaran. Menyalakan Guided Access akan mengunci aplikasi sehingga anak-anak tidak dapat keluar dari aplikasi tanpa memasuki passcode. Fitur ini juga mampu membatasi wilayah-wilayah yang dapat disentuh pada permukaan iPad, mencegah kesalahan saat memainkan sebuah aplikasi.

Fitur ini tersedia untuk semua perangkat iOS. Tetapi fungsi utamanya akan lebih terasa ketika menggunakan iPad. Beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari fitur ini adalah memberikan soal ujian ke siswa di iPad. Apabila soal diberikan dalam bentuk PDF, maka mengunci tombol Home cukup mencegah siswa menggunakan Safari untuk melakukan pencarian.

Contoh kasus lainnya adalah membantu anak-anak penderita austis melatih konsentrasi mereka. Dengan dibantu panduan guru dan melalui pengaturan Guided Access, anak-anak tidak akan keluar dari aplikasi ataupun tidak sengaja menekan tombol yang salah.

Fitur ini juga akan sangat bermanfaat dalam menjadikan iPad sebagai kios informasi. Biaya untuk membeli sebuah iPad 2 lebih rendah dibandingkan harus membuat kios informasi khusus di tempat. Dengan mobilitas iPad serta kemudahan dalam mengembangkan aplikasi buat perangkat iOS, Anda dapat menggunakan iPad di perpustakaan, restoran, ataupun tempat penitipan anak.

Penasaran dengan fitur ini? Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan dan menggunakannya.

Cara Mengaktifkan Guided Access

Jalankan aplikasi Settings, kemudian pilih General > Accessibility > Guided Access.

Nyalakan Guide Access dengan menggeser tombol yang tersedia. Anda bisa menentukan passcode langsung dari sini atau pada saat menggunakan Guided Access.

Anda juga akan melihat sebuah pengaturan bernama “Enable Screen Sleep”. Dalam keadaan “ON” iPad dan iPhone bisa memasuki sleep mode setelah beberapa waktu atau dengan menekan tombol Sleep/Wake. Biarkan tetap “OFF” apabila Anda tidak menginginkan orang yang menggunakan iPad dan iPhone mematikan layar.

Cara Menggunakan Guided Access

Sekarang Guided Access dapat digunakan kapan saja. Sebelum menggunakan Guided Access, Anda harus menentukan pada tampilan mana iPad akan mengunci fitur-fitur yang ada. Misalnya Anda menginginkan anak Anda hanya bisa menggunakan aplikasi pembelajaran alpabet, maka aplikasi tersebut harus dalam keadaan aktif.

Menggunakan Guided Access cukup dengan menekan tombol Home 3 kali dengan cepat. Tergantung dari berapa banyak fitur yang ditugaskan untuk Triple-click Home, Anda mungkin akan ditawarkan pilihan terlebih dahulu atau langsung muncul tampilan Guided Access seperti gambar di bawah.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : MakeMac

Latest