Follow Us

Fitur-Fitur Baru Mail di iOS 6

Sayz Lim - Selasa, 25 September 2012 | 20:13
Fitur-Fitur Baru Mail di iOS 6

Apa yang diketahui dari Mail iOS 6 adalah animasi pull to refresh. Selain itu, tidak banyak yang diketahui kecuali Anda mencobanya secara langsung. Tidak terdapat perubahan antarmuka yang drastis, tidak ada fitur-fitur yang bikin orang berkata “Wow!”. Namun, setiap perubahan di Mail terbaru membuatnya semakin mudah digunakan.

Mail merupakan aplikasi yang penting di iPad dan iPhone. Sebagai salah satu aplikasi utama bagi orang-orang yang selalu bekerja dengan email. Penambahan fitur bukan saja perlu memuaskan permintaan pengguna veteran, tetapi juga harus cukup sederhana bagi pemula.

Kali ini Apple menambahkan beberapa fitur yang mengatur bagaimana email masuk ke perangkat iOS. Fitur apa saja yang dibenamkan di Mail iOS 6? Mari kita cari tahu.

Mailbox Tambahan: VIP dan Flagged

Apple pertama kali mengenalkan VIP di Mail buat OS X Mountain Lion. Sebelum ada VIP, cara penentuan prioritas email bisa melalui “Rules”. Adanya fitur VIP menjadikan penentuan mail semakin mudah. Anda menentukan berdasarkan pengirim, atau menggunakan flag sesuai topik. Mail di iOS 6 menambahkan mailbox baru bernama VIP dan Flagged. Kesamaan antara susunan mailbox iOS dan OS X membuat sinkronisasi antar mesin menjadi lebih konsisten.

Untuk setiap orang yang sudah dilabel sebagai VIP akan mendapatkan perlakuan khusus di OS X dan iOS. Mailbox VIP, sesuai dengan namanya, dikhususkan untuk orang-orang yang sudah Anda label sebagai VIP. Setiap email dari orang dalam daftar VIP akan ditampilkan pada mailbox ini. Dan yang lebih kerennya lagi, daftar ini akan tersinkronisasi Mac, iPhone, dan iPad melalui iCloud. Jadi Anda bisa memasukkan orang yang menurut Anda penting ke dalam daftar ini kapanpun melalui aplikasi Mail.

Cara Menambahkan Kontak ke Daftar VIP: Pada halaman “Mailboxes”, tekan tombol panah biru kecil untuk melihat daftar VIP. Pilih “Add VIP…” dan masukkan kontak yang diinginkan. Sementara hanya orang-orang yang memiliki email bisa dijadikan sebagai VIP.

Notifikasi Buat VIP

Tidak seperti aplikasi lainnya, sekarang Mail mendapatkan perlakukan khusus di Notification Center. Setiap akun email masing-masing memiliki pengaturan Notification Center. Anda bisa menentukan “New Mail Sound” yang berbeda untuk setiap akun. Pada halaman ini juga terdapat pengaturan buat VIP. Pengaturan yang terdapat pada halaman VIP akan menimpa semua pengaturan default, maupun yang sudah ditentukan pada akun email secara khusus.

Tips: Default “New Mail Sound” dapat diatur pada Settings > Sounds.

Dengan adanya pengaturan terpisah, Anda dapat menentukan email dari mana saja yang boleh muncul di Notification Center. Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang menggunakan akun email pribadi dan kerja dalam satu iPhone atau iPad.

Pelampiran Foto dan Video Yang Lebih Mudah

Bertahun-tahun Anda harus menjalankan aplikasi Photos hanya untuk mengirimkan foto-foto melalui email. Pada iOS 6, Anda dapat melakukannya langsung dari dalam aplikasi Mail, walaupun caranya agak tersembunyi sehingga mudah dilewatkan.

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : MakeMac

Latest