Follow Us

iOS 6: Cara Menggunakan Fitur-Fitur Baru Siri

Fauzan Alfi - Senin, 01 Oktober 2012 | 10:20
iOS 6: Cara Menggunakan Fitur-Fitur Baru Siri

Dalam rilis terbaru sistem operasi iOS, Apple membenamkan lebih dari 200 fitur baru untuk iOS 6. Di antara fitur-fitur baru tersebut, terdapat berbagai peningkatan kemampuan bagi Siri. Bagi yang belum tahu, Siri adalah ‘asisten pribadi’ yang tersedia bagi pengguna perangkat iOS di mana pun dan kapan pun. Siri hanya dapat dinikmati oleh pengguna iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch generasi kelima dan iPad generasi ketiga. Seberapa pintarkan Siri kini di iOS 6?

Mengerti lebih banyak bahasa

Pada saat awal ‘kelahirannya’, Siri hanya dapat mengerti bahasa Inggris (US, UK dan Australia), Jerman dan Perancis. Kemudian di iOS 5.1, Apple ‘mengajari’ Siri untuk dapat mengerti bahasa Jepang. Kini di iOS 6, Siri juga hadir di Kanada (bahasa Inggris dan Perancis Kanada), Cina (bahasa Mandarin), Hong Kong (bahasa Kanton), Italia, Korea, Meksiko (bahasa Spanyol), Spanyol, Swiss (bahasa Italia, Perancis dan Jerman) dan Taiwan (bahasa Mandarin). Belum ada kepastian kapan Siri bisa ‘memahami’ akses dan Bahasa Indonesia. Mungkin, Damayanti bisa mengajarinya.

Tahu hasil pertandingan olahraga

Di iOS 6 ini, Apple juga mengajari Siri untuk dapat mengetahui hasil pertandingan olahraga. Liga olahraga yang didukung oleh Siri di iOS 6 antara lain Liga Inggris (EPL), La Liga Spanyol, Serie A Italia, Premier Ligue 1, NBA, MLB, NCAA Football, NFL dan NHL. Contoh perintah yang bisa kamu ucapkan antara lain,

Show me the league table of English Premier League!Show me the statistic of Manchester United’s last match!Who’s win the match last night? Manchester United or Liverpool?

Unik juga jika Siri bisa tahu hasil pertandingan Liga Indonesia.

Tahu informasi film yang beredar

Selain pertandingan olahraga, Siri juga tahu informasi mengenai film sudah dirilis. Kamu pun bisa meminta bantuan Siri untuk mencarikan film dengan aktor tertentu atau sekedar ingin tahu rating film tertentu di Rotten Tomatoes. Contoh perintah yang bisa kamu ucapkan antara lain,

What’s showing now on the theater?Find movies with Brad Pitt as actor!Is ‘The Hunger Games’ a great movie?

Sayangnya, Siri belum bisa mengetahui film apa yang sudah beredar di bioskop lokal Indonesia. Mungkin, pihak distributor lokal perlu ‘berkenalan’ dulu dengan Siri agar bisa diajak bekerjasama.

Kirim tweet atau update status ke Facebook

Dengan memanfaatkan voice dictation, kamu dapat mengirim tweet ke Twitter atau update status ke Facebook langsung dibantu oleh Siri. Sebelum tweet atau status kamu dikirim, Siri akan mengkonfirmasi ulang apakah kalimat yang ingin dikirimkan benar atau salah. Bila salah, kamu bisa mengkoreksinya. Bila benar, kamu bisa memintanya untuk mengirimkan tweet atau statusmu. Contoh perintah yang bisa kamu ucapkan antara lain:

Editor : MakeMac

Latest