Follow Us

A Tribute to Steve Jobs

Hendra Saputra - Jumat, 05 Oktober 2012 | 09:49
A Tribute to Steve Jobs

5 Oktober 2012, genap 1 tahun sudah wafatnya sang inovator, Steve Jobs. Tidak terasa memang, waktu berjalan terlampau cepat.

Meski beliau sudah tidak berada di dunia lagi, namun hidup tetap berjalan. Apple tetap berjalan. Inovasi tidak terhenti, dan kreatifitas terus tumbuh.

Dan untuk memperingati 1 tahun wafatnya sang inovator, sebagai penghormatan, MakeMac akan mempersembahkan salah satu video tribute Steve Jobs yang menurut kami sangat menyentuh. Kemudian, seluruh penulis MakeMac (Kuswanto, Sayz Lim, Fauzan Alfie, Andrie Rifani dan saya sendiri), akan membagikan testimoni mengenai Steve Jobs.

Kuswanto

Bagi saya Steve Jobs merupakan seseorang yang mempunyai pola pikir liar, yang dapat menemukan sudut pandang baru untuk menghasilkan suatu cara mengubah pola pandang dunia yang sangat konvensional. Tanpa beliau, Apple tidak akan menjadi perusahaan teknologi yang ditiru oleh perusahaan lain. Tanpa beliau, kita masih memakai telepon seluler berbentuk candybar, laptop dari bahan plastik dan tidak akan ada pasar tablet.

Sayz Lim

Saya mungkin tidak mengenal Steve Jobs dengan baik seperti fans Apple lainnya. Satu-satunya hal yang masih saya ingat adalah betapa bagusnya kualitas produk Apple sampai saya mengenal sosok di balik setiap Mac, iPhone, dan iPad yang saya gunakan sekarang.

Ketika ia mengatakan bahwa dia akan mengubah dunia, semua orang menganggap dia gila dan merasa tidak mungkin mengubah dunia dengan kekuatan satu orang. Memang benar dia tidak mengubah dunia dengan kekuatan satu orang. Tetapi visi, ambisi, dan kemampuan dia telah menjadikan masa depan yang ia bayangkan menjadi kenyataan.

Dan apa yang kita lakukan selama ini dengan semua produk yang sudah dia ciptakan?

Fauzan Alfi

Bagi saya, Steve Jobs adalah inspirator terbesar dalam hidup. Pola pikir, tindakan dan gaya presentasinya sangat menginspirasi. Steve Jobs bukan saja menginspirasi dunia komputer modern, tetapi juga di dunia arsitektur dengan desain Apple Store yang sangat khas. Walaupun mungkin bukan Steve yang desainer utama dari Apple Store, pastilah dia adalah pengambil keputusan utama atas desain tersebut.

Bukan seberapa elegankah desain Mac dan OS X yang membuat saya berpaling dari Windows PC, tetapi gaya presentasi, pilihan kata Steve yang keren dan aplikasi Keynote lah yang pelakunya. Steve Jobs is only one who’s able to do the awesome Jobsnote.

Steve Jobs tidak pernah menghasilkan produk yang benar-benar baru dan berbeda. Tetapi, dia hanya menciptakan ulang (reinvent) produk yang sudah ada. Sehingga, semua orang mengganggap semua produk Apple adalah baru dan berbeda. Itulah Steve Jobs yang saya ketahui.

Andrie Rifani

Saya pertama kali melihat Steve Jobs pada 2007. Saat itu Steve sedang membawakan Keynote tentang iPhone 1st gen. Kesederhanaan dan lelucon yang diberikan pada saat tiap kali membawakan Keynote adalah hal pertama yang membuat saya kagum. Saya yakin saya salah apabila saya mengira Steve Jobs yang saya lihat pada waktu itu mempunyai sifat arogan yang sama dengan Steve Jobs yang ada pada film Pirates of Silicon Valley.

Editor : MakeMac

Latest