Follow Us

Berlari dengan Nike+

Adham Somantrie - Selasa, 16 Oktober 2012 | 17:30
Berlari dengan Nike+

Para penggemar Apple yang suka jogging atau hobi lari, tentunya akan membawa serta iPod ataupun iPhone. Baik itu untuk mendengarkan musik, ataupun ingin tetap terhubung agar komunikasi tidak terganggu. Nah, jika kamu termasuk orang yang seperti itu, maka kamu harus mencoba Nike+ agar pengalaman dalam berlari menjadi lebih kaya.

Eh, belum pada tau Nike+ ya? Baiklah. Singkatnya, Nike+ itu adalah hasil kerjasama Nike dan Apple untuk memberikan pengalaman baru dalam berlari. Pada dasarnya Nike+ mencatat jarak dan waktu pelari menggunakan iPod/iPhone. Dari data tersebut, akan disajikan dalam grafik dan statistik yang menarik di situs nikeplus.com.

Penasaran ingin mencoba? Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menggunakan Nike+ ini. Saya akan coba jelaskan satu-satu berdasarkan perangkat Apple yang digunakan.

iPod nano generasi 1 hingga 4

Untuk menggunakan fitur Nike+ iPod, kamu harus memberi aksesoris tambahan, yakni Nike+ Sport Kit yang terdiri dari sensor Nike+ dan receiver Nike+. Sensor Nike+ ini diletakkan di dalam sepatu yang sudah mendukung Nike+ (atau sepatu lain, dengan sedikit trik). Sementara receiver Nike+ ditancapkan ke port dock yang ada di iPod nano.

Nike+ Sport Kit ini bisa dibeli di Nike Store ataupun di toko-toko spesialis Apple. Harganya berkisar antara Rp.300.000-Rp.385.000.

Kalau ternyata menu “Nike+ iPod” atau “Workout” tidak muncul saat receiver ditancapkan? Update firmware ke versi terbaru.

iPod nano generasi 5

Untuk iPod nano generasi kelima sebenarnya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Bisa menggunakan aksesoris Nike+ Sport Kit. Akan tetapi, dengan menggunakan receiver Nike+, iPod nano generasi kelima tidak hanya bisa dipasangkan dengan sensor Nike+ saja, tetapi bisa juga dipasangkan dengan pemantau detak jantung (heart rate monitor) Polar Wearlink+ Transmitter for Nike+.

Hanya saja, Polar Wearlink+ ini (versi khusus Nike+) belum tersedia secara resmi di Indonesia saat tulisan ini diturunkan. Bahkan terakhir kali saya cari saat Singapore Marathon 2011 kemarin, belum tersedia di Nike Store secara resmi. Kalau kamu ingin menggunakan pemantau detak jantung ini, mungkin lebih baik memesan secara daring (online) saja. Harganya USD 69.95.

Selain itu, iPod nano generasi kelima ini sudah memiliki pedometer yang terintegrasi. Jadi, tanpa Nike+ Sport Kit kamu sudah bisa menghitung jumlah langkah dan kalori. Hanya saja tanpa ada informasi jarak, kecepatan, dan waktu tempuh.

iPod nano generasi 6

Sama seperti iPod nano generasi kelima, di generasi keenam ini bisa menggunakan Nike+ Sport Kit dan juga bisa dipasangkan dengan Polar Wearlink+.

Nah, di generasi keenam, pedometer yang terintegrasi sudah digantikan dengan akselerometer. Jadi, Nike+ Sport Kit tak lagi diperlukan. Kamu bisa langsung merekam jarak, kecepatan, dan waktu tempuh berlari secara langsung dari aplikasi Fitness. Jadi, sebenarnya kamu tidak membutuhkan Nike+ Sport Kit, kecuali kalau ingin menggunakan Polar Wearlink+.

Kalau tak mau menjepitkan iPod nano di pakaian, bisa mempertimbangkan armband ataupun aksesoris “jam”.

Editor : Adham Somantrie

Latest