Follow Us

Fitur Baru iOS 6: Do Not Disturb, Reply With Message, Remind Me Later

Sayz Lim - Jumat, 05 Oktober 2012 | 12:18
Fitur Baru iOS 6: Do Not Disturb, Reply With Message, Remind Me Later

Secanggih apapun sebuah smartphone, kegunaan dan manfaat utama yang tidak bisa dilepas adalah untuk berkomunikasi. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi Phone di iOS, selain membuat dan menerima panggilan. Sebenarnya kendala apa yang sering dialami pengguna dalam berkomunikasi melalui telepon?

Kita membutuhkan sebuah fitur untuk menolak sebuah panggilan dan bisa menjelaskan alasan penolakan tersebut dengan cepat dan mudah. Dengan dikenalkannya fitur “Do Not Disturb”, “Reply with Message” dan “Remind Me later” di iOS 6, kita semakin mudah memberitahu serta menolak sebuah panggilan tanpa memberikan kesan tidak sopan. Apa saja yang bisa dilakukan fitur-fitur di atas?

Cara Menggunakan “Do Not Disturb“

Do Not Disturb adalah sebuah fitur yang paling saya butuhkan di iOS 6. Ketika dinyalakan, semua notifikasi dan panggilan akan disaring sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat menghubungi Anda. Dengan adanya penjadwalan kapan saja Do Not Disturb dinyalakan, maka Anda juga dapat tidur nyenyak di malam hari dan lepas dari gangguan notifikasi.

Memang fitur ini sudah bisa ditemukan pada smartphone lainnya, dan bahkan pada iPhone yang sudah dijailbreak. Tetapi adanya pengaturan secara bawaan untuk menyalakan fitur ini merupakan sebuah nilai plus di iPhone.

Menyalakan Do Not Disturb dapat dilakukan melalui pengaturan iPhone. Anda dapat menemukannya dengan membuka “Settings” dan mengatur pilihan-pilihan dengan memilih “Notifications > Do Not Disturb”. Sebuah lambang bulan akan muncul di status bar iPhone menandakan bahwa “Do Not Disturb” sudah aktif.

Di halaman yang sama juga Anda dapat mengatur jadwal “Do Not Disturb”. Biasanya orang-orang menggunakan jadwal tidur dalam pengaturan ini.

Anda juga dapat mengizinkan beberapa orang menghubungi Anda ketika Do Not Disturb dinyalakan. Dalam pengaturan Allows Calls From terdapat beberapa pilihan yaitu:

  • Everyone: Pilihan ini memberikan izin ke setiap orang untuk menghubungi Anda. Notifikasi dari aplikasi tetap tidak akan berbunyi ketika Do Not Disturb dinyalakan. Jadi pilihan ini berguna bagi Anda yang selalu menerima panggilan telepon.

  • No One: Seperti namanya, siapa pun tidak dapat menghubungi Anda.

  • Favorites: Anda dapat menambahkan kontak ke Favorites dengan menggunakan aplikasi Phone di halaman Favorites. Halaman tersebut digunakan untuk kontak-kontak yang sering berkomunikasi dengan Anda, ataupun buat VIP.

  • Groups: Semua group yang pernah dibuat akan muncul di sini. Membuat group hanya bisa melalui Mac dan tidak dapat melalui iPhone maupun iPad. Anda juga tidak dapat mengizinkan lebih dari satu group untuk menghubungi Anda sehingga fungsi ini tidaklah begitu berguna. Jadinya saya hanya menggunakan Favorites sebagai metode saringan panggilan.

Editor : Sayz Lim

Latest