Follow Us

5 Teknik Yang Membuat Anda Terlihat Seperti Pengguna Mac Berpengalaman

Sayz Lim - Senin, 12 November 2012 | 12:30
5 Teknik Yang Membuat Anda Terlihat Seperti Pengguna Mac Berpengalaman

“Menggunakan Mac itu susah banget yah…”,“Saya sudah terbiasa dengan Windows, pusing menggunakan Mac” dan komentar sejenis lainnya sering saya dengar dari orang-orang yang baru menggunakan Mac. Okay, memang menggunakan Mac membutuhkan Anda mengosongkan isi otak dan membentuk sebuah kebiasaan baru dalam berinteraksi dengan komputer, tetapi semua itu akan memberikan manfaat ke depannya.

Yang benar-benar baru sebaiknya menyambungkan konsep-konsep Windows dengan Mac. Upaya tersebut akan membuat Anda merasa lebih nyaman dengan antarmuka Mac. Selanjutnya, biar Anda tidak kelihatan kikuk ketika dilihatin menggunakan Mac, maka saya akan bagikan 5 teknik yang akan membuat Anda kelihatan seperti seseorang yang sudah berpengalaman.

Gunakan Spotlight Untuk Berbagai Kegiatan

Kalau sampai sekarang Anda tidak menggunakan Spotlight, maka matikan Mac Anda dan nyalakan kembali seolah-olah ini adalah sebuah Mac baru. Lensa pembesar yang terletak di pojok kanan atas itu bernama Spotlight. Fitur tersebut merupakan salah satu fitur penting yang bisa ditemukan di Mac. Sebelum Windows bisa mencari berbagai dokumen dan aplikasi dengan cepat, Mac sudah melakukannya dalam lensa pembesar yang mungil ini.

Jadi apa saja yang bisa dilakukan oleh Spotlight?

  • Menjalankan aplikasi.
  • Mengakses pengaturan OS X.
  • Mencari dokumen, gambar, audio, email, dan iMessage yang sudah pernah diterima.
  • Mencari definisi kata.
  • Melakukan perhitungan dan menampilkan hasilnya langsung.
Shortcut utama dalam mengaktifkan Spotlight adalah Command+Space. Bagi pengguna Mac non-SSD, pencarian bisa memakan waktu. Jadi saya sarankan untuk membatasi pencarian Spotlight agar semua proses menjadi lebih cepat.

Tidak ada pengguna Mac yang bisa meninggalkan Spotlight. Kalau saja tidak ada Spotlight, mungkin Mac tidak bisa membuat begitu banyak pengguna Mac menjadi loyal dan tetap bertahan pada sistem operasi ini.

Multitasking dan Bekerja di Layar Yang Kecil Dengan Mission Control

Anda berencana membeli layar tambahan karena ukuran layar sekarang terlalu kecil? Tunggu dulu. Sebelum mengeluarkan isi kantong Anda untuk menambah layar yang mengambil tempat di meja kerja Anda, alangkah baiknya melihat fitur yang terdapat dalam OS X. Seorang web designer yang perlu melakukan banyak hal bisa menggunakan MacBook berukuran 13" menyelesaikan pekerjaannya. Anda pun bisa.

Mungkin sulit membayangkan bagaimana seorang pengguna Mac bisa bekerja dengan layar 11“ dan 13”. Tanpa menggunakan layar kedua, sebelum OS X Lion, pengguna Mac veteran bisa memanfaatkan Spaces dan Exposés untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus serta menemukan setiap jendela dengan mudah. Kemudian Apple menggabungkan kedua fitur tersebut menjadi satu dan diberi nama Mission Control.

Berbagai cara dapat digunakan untuk mengakses Mission Control. Salah satunya adalah menekan F3 atau tombol Mission Control. Bagi yang MacBooknya mendukung multi-touch, mengakses Mission Control dapat menggunakan gesture swipe down dengan 3 jari/4 jari. Sedangkan MacBook yang tidak ada dukungan multi-touch bisa menggunakan Hot Corners dalam mengaktifkan Mission Control.

Bagi yang tidak terbisa dengan Mission Control mengelompokkan jendela berdasarkan jenis aplikasinya dan menginginkan fungsi seperti Exposé bisa mencoba baca artikel yang satu ini.

Editor : MakeMac

Latest