Follow Us

SwipeAway: Cara Mudah Menutup Aplikasi Pada Multitasking Bar

Andrie Rifani - Selasa, 13 November 2012 | 11:23
SwipeAway: Cara Mudah Menutup Aplikasi Pada Multitasking Bar

Fitur Multitasking yang ada pada iOS memang sangat berguna sekali. Dengan adanya fitur ini Anda bisa melanjutkan suatu aplikasi yang terhenti, atau berpindah antara satu aplikasi dengan yang yang lainya. Bahkan menurut Apple, fitur Multitasking ini tidak memperlambat aplikasi yang sedang berjalan, dan juga tidak menguras baterai.

Kalau Anda sudah memasang SBSettings pada perangkat iOS dan menghidupkan fitur Free Memory Status, Anda pasti akan menyadari bahwa seiring banyaknya aplikasi yang terdapat di Multitasking Bar, maka Free Memory yang tertera akan semakin kecil. Saya pribadi menjaga agar aplikasi yang terbuka tidak terlalu banyak, karena apabila Free Memory terlalu kecil maka iDevice Anda akan melakukan reboot secara otomatis.

Cara menutup aplikasi yang terdapat di Multitasking Bar adalah dengan melakukan tap+hold pada aplikasi yang akan ditutup, lalu tap sekali lagi pada bagian pojok kiri atas icon-nya. Buat saya, hal ini cukup merepotkan terlebih kalau ada puluhan aplikasi yang harus ditutup . Untungnya baru-baru ini di Cydia saya menemukan sebuah tweak yang mempermudah melakukan penutupan aplikasi yang terdapat di Multitasking Bar, tweak tersebut bernama SwipeAway.

Ide dari tweak ini berasal dari iJailpod (@iJailpod), dan diwujudkan oleh Sirifl0w (@Sirifl0w), seorang developer Cydia yang juga membuat ProgressPercent. Dengan menggunakan SwipeAway, menutup aplikasi menjadi sangat mudah. Cukup lakukan Swipe ke arah atas untuk menutup seluruh aplikasi, dan Swipe ke arah bawah untuk menutup aplikasi secara individual.

Pengaturan

Arah Swipe yang ingin digunakan bisa Anda atur lewat Settings > SwipeAway. Jika ingin menentukan arah Swipe untuk menutup seluruh aplikasi, masuk ke menu Kill All Gesture, sedangkan untuk menutup sebagian aplikasi, masuk ke menu Kill Individual Gesture. Apabila Anda mengatur arah Swipe yang sama pada kedua menu, maka yang akan bekerja adalah Kill All Gesture.

Akhir Kata

SwipeAway bisa kamu dapatkan di Cydia lewat repository ModMyi secara gratis. Tweak ini bisa digunakan pada iPad, iPhone dan iPod touch, namun untuk para pengguna iPhone dan iPod touch, mungkin kamu akan merasakan sedikit kesulitan tiap kali melakukan Swipe ke arah bawah, mungkin dikarenakan bentuk iDevice yang terlalu kecil (atau jari yang terlalu besar :D).


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest