Follow Us

3 Tweak Infini Untuk Memperbanyak Jumlah Aplikasi Yang Ditampilkan di Home screen

Andrie Rifani - Rabu, 14 November 2012 | 13:06
3 Tweak Infini Untuk Memperbanyak Jumlah Aplikasi Yang Ditampilkan di Home screen

Sebelum iPhone 5, Home screen hanya dapat menampung sebanyak 16 aplikasi serta tambahan 4 aplikasi pada Dock. Kemudian di awal peluncuran iOS 4, Steve Jobs memperkenalkan Folders yang dapat menyimpan hingga 12 aplikasi. Pada iPhone 5, jumlah aplikasi yang bisa Anda simpan di Folders bertambah hingga 16 aplikasi. Cukup banyak bukan?

Bagi pengguna yang memiliki sedikit aplikasi, mungkin fitur yang ditawarkan sudah cukup. Tapi tidak untuk sebagian orang yang mempunyai puluhan sampai ratusan aplikasi pada iPad, iPhone dan iPod touch mereka. Perkenalkan barisan tweak Infini karya salah satu developer Cydia bernama Grant Paul (@chpwn). Dengan adanya tweak ini, Anda bisa menambahkan kuota aplikasi pada Home screen, Dock, dan Folders hingga mencapai…well, infinity.

Tweak ini terdiri dari 3 jenis yang dijual secara terpisah, yaitu Infiniboard, Infinidock dan Infinifolders. Mari kita bahas satu per satu.

Infiniboard

Infiniboard akan membantu Anda untuk menambahkan aplikasi pada Home screen di satu halaman. Jika biasanya Anda akan berpindah-pindah halaman secara horizontal untuk mencari suatu aplikasi, dengan menggunakan Infiniboard Anda akan diberikan cara baru bernama Vertical Scrolling, semacam perpindahan antar halaman yang dilakukan secara vertikal. Perpindahan halaman dengan cara horizontal bisa tetap Anda gunakan, dan Vertical Scrolling hanya akan berjalan apabila Anda melakukan penambahan aplikasi di Home screen.

Pada Settings > Infiniboard Anda juga dapat mengatur agar tiap kali Anda menutup suatu aplikasi atau berganti halaman secara horizontal, Anda akan dihadapkan pada bagian atas dari suatu halaman lewat Top on App Exit dan Top on Paging. Pada saat melakukan Vertical Scrolling, Anda dapat mengatur agar aplikasi-aplikasi yang bergerak tersembunyi di balik Dock dengan Hide Behind Dock.

Infinidock

Mungkin dari pembahasan di atas dan dari nama tweak ini sendiri, Anda sudah bisa menebak dengan baik apa fungsi dari tweak ini. Yup, tweak ini berfungsi untuk menambahkan aplikasi di Dock. Tweak yang bisa Anda taruh di Dock dapat mencapai 10 aplikasi per halaman. Kalau Anda merasa kurang, Anda juga bisa mengubah jumlah aplikasi yang bisa ditampilkan. Dan untuk mencari aplikasi tersebut, cukup lakukan Scrolling ke arah kanan atau kiri pada bagian Dock.

Seluruh pengaturan bisa dilakukan lewat Settings > Infinidock. Saya sendiri mengatur agar Infinidock menampilkan 7 aplikasi per halaman, agar tidak terlalu menumpuk. Apabila Anda memiliki banyak halaman Dock, di sini Anda juga dapat mengatur halaman berapa yang ingin Anda tampilkan pertama kali, tiap kali Anda membuka iDevice.

Infinifolders

Tweak terakhir dari artikel kali ini adalah Infinifolders. Penggunaan Infinifolders sama dengan cara yang dimiliki oleh Infiniboard, yaitu Vertical Scrolling. Tweak ini sangat berguna menurut saya, sejak menggunakan tweak ini, saya cukup memiliki satu folder untuk menyimpan 42 aplikasi Games yang saya miliki.

Tidak terlalu banyak pengaturan terdapat di Settings > Infinifolders, hanya pengaturan Bounce tiap kali Anda melakukan scroll, dan perubahan warna Scrollbar. Di bagian bawah Anda melihat fitur Vertical Paging, dengan menghidupkan fitur ini, Anda akan melihat 12 aplikasi per halaman folder. Fitur ini berguna untuk menjaga Anda scrolling terlalu jauh ke bawah, sehingga melewatkan aplikasi yang sebenarnya Anda cari.

Akhir Kata

Kumpulan tweak Infini bisa Anda dapatkan di Cydia lewat repository BigBoss. Seperti saya bilang sebelumnya, tweak ini dijual secara terpisah. Untuk Infiniboard dijual dengan harga $0.99, sedangkan untuk Infinidock dan Infinifolders dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal, yaitu $1.99. Dari ketiga tweak ini, saya hanya menggunakan Infinidock dan Infinifolders, kenapa? Karena tampaknya Infiniboard tidak terlalu cocok untuk Anda yang juga menggunakan tweak Barrel yang memberi animasi perpindahan antar halaman. Apakah tweak ini berguna untuk Anda? Berikan pendapat Anda lewat kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest