Follow Us

Tempatkan Aplikasi Sesukamu di Home screen Dengan Gridlock

Andrie Rifani - Jumat, 30 November 2012 | 16:28
Tempatkan Aplikasi Sesukamu di Home screen Dengan Gridlock

Home screen yang ada pada setiap perangkat iOS dapat menampung hingga 16 icon aplikasi. Agar menimbulkan kesan rapi, maka icon-icon aplikasi tersebut akan tersusun secara otomatis tiap kali Anda melakukan suatu pemindahan atau penghapusan aplikasi.

Buat Anda yang ingin menyusun icon-icon aplikasi tersebut secara manual, kini hal itu bisa dilakukan dengan sedikit bantuan dari tweak Cydia yang bernama Gridlock. Gridlock bekerja dengan menghilangkan semacam “regulasi” yang terdapat pada iOS, untuk menaruh icon-icon aplikasi di sembarang tempat. Sehingga Anda bisa dengan bebas menaruh icon dimana saja.

Meskipun mempunyai fungsi yang cukup sederhana, tapi tweak buatan Grant Paul (@chpwn) dan Joshua Hill (@p0sixninja) ini tampaknya cukup diminati, sehingga mereka berani memasang harga $2.99 untuk setiap pembelian Gridlock. Sampai saat ini, Gridlock hanya baru bisa digunakan sampai dengan iOS 5.1.1, belum ada informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan Gridlock pada iOS 6.

Kedua developer tersebut juga mengaku bahwa Gridlock ini bisa dipadukan dengan semua tweak-tweak lain yang berkaitan dengan perubahan icon, seperti 3 tweak infini yang sudah pernah dibahas beberapa saat lalu. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi crash pada Home screen, saat Anda menggunakan Gridlock. Tidak terdapat pengaturan dalam menggunakan Gridlock, jadi Gridlock akan langsung aktif pada saat selesai instalasi.

Gridlock bisa digunakan pada iPad, iPhone dan iPod touch. Saya baru menggunakan tweak ini selama beberapa hari, dan ternyata tweak yang sederhana ini memang menyenangkan. Dengan menggunakan Gridlock, kini saya bisa mengkreasikan penempatan icon-icon aplikasi sesuka hati. Sayangnya Gridlock sampai dengan versi 1.2.6–1 ini belum bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalam Folder. Apakah Anda tertarik untuk mencoba?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest