Follow Us

iTunes 11: Pertemuan Antara iOS Dengan OS X

Sayz Lim - Senin, 03 Desember 2012 | 01:35
iTunes 11: Pertemuan Antara iOS Dengan OS X

Sebelum iTunes 10, iTunes berfungsi sebagai aplikasi untuk mengubah koleksi musik CD menjadi digital. Ketika CEO Apple Steve Jobs mengenalkan iTunes 10 pada 1 September 2010, iTunes bukan lagi tentang CD. iTunes Store telah menjadikan musik digital lebih populer dari CD dan digantinya lambang iTunes 9 ke iTunes 10 adalah bukti transisi tersebut.

Dalam 2 tahun terakhir, iTunes sering menerima update untuk mengakomodasi perangkat-perangkat iOS yang terbaru. Namun tidak ada kabar yang kuat mengenai perubahan iTunes. Akhirnya pada event iPad mini Oktober lalu, Apple menunjukkan iTunes 11 untuk pertama kalinya dan menjanjikan akan tersedia pada akhir Oktober.

Sayangnya, iTunes 11 tidak diluncukan tepat waktu karena permasalahan pada salah satu komponen. Hal ini menyebabkan peluncuran iTunes ditunda sampai akhir November. Tepatnya pada tanggal 30 November, iTunes 11 diluncurkan dan kita akhirnya bisa mengunduh salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan sesama pengguna Mac.

iTunes 11 adalah sebuah perubahan antarmuka dengan menitikberatkan pada kesederhanaan. Semuanya tetap sama, tetapi menjadi lebih baik. Sebuah lambang iTunes baru, sebuah iTunes Store baru, dan semakin banyak fitur iCloud.

Pada dasarnya iTunes 11 sama dengan iTunes sebelumnya. Buka pengaturan iTunes dan Anda akan menemukan halaman pengaturan yang sama persis dengan iTunes 10.7. Ini menandakan bahwa iTunes ditulis berdasarkan iTunes versi pendahulu.

Satu hal lagi.

Setiap kali melihat informasi buku, saya merasa kolom Album Artist, Disc Number, dan Season Number adalah sebuah hasil kompromi yang jelek. Maka saya mengharapkan sebuah tindakan berani dari Apple dalam menangani iTunes. Menulis ulang iTunes sehingga bisa menampilkan semua produk sesuai dengan jenisnya. Sebuah perubahan besar yang merombak cara kerja iTunes dari dalam, bukan hanya tampilan.

iTunes 11 memiliki berbagai fitur baru dan ulasan saya kali ini akan membahas beberapa fungsi dan fitur yang terlihat dan sering digunakan.

Tampilan Baru Tanpa Sidebar

Sidebar adalah pusat navigasi di iTunes sebelumnya. Setiap perpindahan dari playlist ke iTunes Store, Apps ke Books, dan Music ke Movies terjadi di sidebar. Apple menghilangkan sidebar pada iTunes 11.

Desain baru iTunes 11 menghilangkan sidebar secara default demi satu hal. Kesederhanaan. Tanpa sidebar yang memunculkan semua pilihan sekaligus, iTunes 11 dengan jelas menunjukkan di mana pengguna sedang berada melalui dropdown menu kecil di sisi kiri atas horizontal bar. Keputusan itu berhasil. Saya sekarang tidak perlu lagi mencari posisi halaman dengan melakukan skimming terhadap sidebar. Mata saya cuma tertuju pada tab-tab di bagian tengah horizontal bar.

Jika Anda perhatikan tampilan di setiap tab, maka Anda akan menyadari bahwa sekarang tidak lagi ada pengelompokkan lagu berdasarkan jenis tampilan. Pilihan menampilkan dalam daftar songs list dan albums list digabung dalam horizontal bar, di mana hanya muncul dalam grid view sebelumnya. Cover Flow dihilangkan. Masing-masing tab memilih susunan tata letak yang berbeda. Masing-masing tab memiliki pengaturan yang berbeda. Sebagai gantinya, tab Composers menjadi korban.

Editor : Sayz Lim

Latest