Follow Us

FlagPaint: Buat Notification Banners Menjadi Berwarna

Andrie Rifani - Jumat, 07 Desember 2012 | 15:56
FlagPaint: Buat Notification Banners Menjadi Berwarna

Terdapat 2 (dua) macam model dari fitur Notifications yang diberikan iOS memiliki yaitu Alerts dan Banners. Alerts berbentuk seperti pop-up dan cocok untuk digunakan untuk setiap notifikasi yang bersifat penting, seperti Reminders. Sedangkan Banners yang berbentuk seperti persegi panjang dan akan muncul serta menutupi status bar untuk beberapa detik. Banners akan lebih pas digunakan untuk notifikasi yang mempunyai tingkat kepentingan rendah, seperti Games dan Social Networking.

Berbeda dengan notifikasi berbentuk Alerts, notifikasi berbentuk Banners baru saja diperkenalkan oleh Apple pada awal kemunculan iOS 5. Seiring dengan munculnya iOS 6.0.1 yang disertai dengan penambahan fitur baru serta perubahan dari fitur yang sudah ada, ternyata Banners tidak mengalami dampak dari perubahan ini. Nah, kalau Anda menginginkan tampilan baru pada Banners, gunakan tweak Cydia besutan B. Friedman (@Sirex_iOS) dan HASHBANG Production (@hbangws) yang bernama FlagPaint.

Fitur

Jika Anda sudah membaca mengenai ulasan iTunes terbaru, pada artikel tersebut Anda akan melihat fitur Column dan Expanded View, dimana warna latar belakang dalam Expanded View akan disesuaikan dengan mayoritas warna yang terdapat dalam sebuah album. FlagPaint mempunyai cara kerja yang mirip dengan fitur tersebut, dimana warna notifikasi Banners yang diberikan akan disesuaikan dengan warna dari sebuah icon aplikasi, misalkan Anda mendapatkan notifikasi dari WhatsApp, maka warna Banners yang akan muncul adalah Hijau, jika mendapat notifikasi dari Tweetbot, maka Banners akan berwarna biru, begitu seterusnya.

Tampilan dari Banners bisa Anda variasikan lewat pengaturan yang terdapat di Settings > FlagPaint. Fitur yang memberikan perubahan warna Banners adalah Tint Background, lalu dipadukan dengan fitur Semi-Transparent sehingga membuat Banners menjadi berwarna dan tembus pandang. Anda juga bisa menghilangkan icon aplikasi yang terdapat pada Banners untuk memberikan kesan minimalis dengan Remove Icon, membuat isi notifikasi Banners berada di tengah dengan Center Text, serta sedikit merubah animasi kemunculannya dengan Fade In.

Akhir Kata

FlagPaint bisa Anda dapatkan di Cydia lewat repository BigBoss dengan membayar sebesar $0.99 saja. Walaupun masih berada di versi 1.0, tapi saya tidak menemukan kendala seperti crash yang disebabkan oleh tweak ini. Untuk membantu melihat perubahan fitur-fitur yang sudah Anda lakukan, gunakanlah Show Test Banner yang terdapat pada bagian bawah dari fitur-fitur yang telah saya sebutkan pada alinea sebelumnya. Jadi, apakah Anda berencana mewarnai Banners dengan FlagPaint? Berikan pendapat Anda lewat kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest