Follow Us

Apa Itu Jailbreak?

Andrie Rifani - Senin, 31 Desember 2012 | 13:20
Apa Itu Jailbreak?

Sebagai seorang yang kerap melakukan jailbreak baik pada perangkat iOS sendiri atau milik orang lain, saya sering menerima pertanyaan mengenai kegunaan jailbreak dari orang-orang yang berencana jailbreak. Saya merasa kegunaan yang paling utama dari jailbreak adalah, memaksimalkan kemampuan perangkat iOS dari batasan Apple.

Proses jailbreak sebenarnya cuma menambahkan sebuah aplikasi bernama Cydia. Lewat Cydia inilah, pemaksimalan pada perangkat iOS bisa kamu lakukan dengan memasang themes, tweak, atau aplikasi yang mempunyai fungsi-fungsi unik.

Apa saja kelebihan dari jailbreak?

Jailbreak dapat menambahkan berbagai fungsi dengan memanfaatkan tweak yang disediakan pada Cydia. Misalkan, perangkat iOS yang sudah berumur kerap kali mendapatkan masalah pada tombol Home. Namun kerusakan tersebut bisa dicegah dengan menggunakan tweak Zephyr yang dapat membantu mengurangi intensitas kita dalam menggunakan tombol Home.

Pengguna perangkat iOS biasanya menginginkan perangkat iOS miliknya dapat tampil berbeda dengan yang lainnya. Pada Cydia juga terdapat banyak sekali themes yang menarik untuk dipasangkan pada perangkat iOS. MakeMac juga pernah membahas tentang themes menarik yang sangat diminati bernama Ayecon.

Apakah jailbreak itu berbayar?

Untuk kamu yang masih awam dalam menggunakan perangkat iOS dan tidak mau mengambil resiko, sudah banyak toko-toko selular yang menyediakan jasa jailbreak. Harga-harga yang diberikan pun bervariasi dimulai dari 100rb–200rb.

Tapi jika kamu enggan untuk mengeluarkan uang sebanyak itu dan berani mengambil resiko, maka MakeMac sudah menyediakan beberapa tutorial jailbreak yang kami harap dapat memudahkan kamu dalam melakukan jailbreak, serta menghadapi masalah yang akan timbul di kemudian hari. Contohnya adalah masalah Missing Keys.plist yang dialami pada jailbreak 6.0.1.

Apakah jailbreak itu berbahaya?

Saya tidak dapat menyatakan apakah melakukan jailbreak pada perangkat iOS itu berbahaya atau tidak. Yang pasti, jailbreak itu beresiko.

Karena para developer Cydia tidak mengikuti pedoman penggunaan Memory dan CPU yang diberikan oleh Apple, maka perangkat iOS yang sudah melakukan jailbreak akan cenderung memiliki beberapa masalah seperti tingkat stabilitas, konsumsi baterai meningkat, performa yang lebih lambat, atau reboot tanpa sebab yang jelas. Munculnya masalah-masalah tersebut bervariasi, tergantung dari tweak dan aplikasi yang kamu pasang.

Apakah jailbreak merupakan suatu keharusan?

Jika kamu masih menggunakan iPhone 1st Gen atau yang biasa disebut dengan iPhone 2G, maka jailbreak merupakan suatu keharusan. Pasalnya, salah satu fungsi utama jailbreak pada saat itu adalah proses Unlock, dan seluruh iPhone 2G adalah SU. Jadi, supaya bisa membaca kartu SIM lokal maka dibutuhkan proses Unlock. Lalu pada Juli 2008 muncul iPhone 3G yang dipasarkan di hampir seluruh dunia, dan di sinilah cikal bakal iPhone SU dan FU muncul.

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular