Follow Us

Cara Mengubah Logo Operator iPhone dan iPad Tanpa Jailbreak

Kuswanto - Jumat, 04 Januari 2013 | 09:22
Cara Mengubah Logo Operator iPhone dan iPad Tanpa Jailbreak

Biasanya untuk mengubah logo operator, perangkat iOS harus dijailbreak terlebih dahulu, kemudian menggunakan aplikasi Zeppelin yang tersedia di Cydia sebagai alat penggantinya. Sekarang, kamu bisa melakukannya tanpa perlu pusing-pusing harus menempuh proses jailbreak yang merepotkan, bahkan berbahaya bagi yang kurang ahli.

Proses mengganti logo operator sangatlah mudah, hanya melibatkan satu aplikasi kecil yang membutuhkan beberapa langkah sederhana yang harus ditempuh. Aplikasinya bernama CarrierEditor yang dibuat oleh Uhelios, pada saat ini hanya tersedia untuk Mac. Pada daftar device CarrierEditor hanya ada iPhone dan iPad 3G, dan kemungkinan besar hanya mendukung perangkat yang sudah Retina Display saja. Selain itu daftar operator yang didukung juga terbatas. Operator lokal yang didukung: Telkomsel, XL & Indosat. Bagi yang pakai operator lain, maaf saja… Tidak bisa ikut serta.

Silakan buka CarrierEditor. Setiap langkah, akan ada petunjuk yang dapat membantu. Supaya lebih gampang dicerna, saya tuliskan lagi dalam Bahasa Indonesia.

Pada langkah pertama akan ditanyakan versi Carrier (Operator) yang bisa ditemukan di dalam Settings > General > About > Carrier. Lihat angka di belakang Carrier, tuliskan angka tersebut kemudian klik Next.

Pada layar berikutnya, pilih perangkat dan Carrier yang kamu pakai. Di daftar Device hanya ada iPhone dan iPad 3G/LTE (Generasi ke–3), tampaknya aplikasi ini hanya mendukung perangkat Retina Display. Saya sendiri hanya mencobanya di iPhone 4.

Di langkah selanjutnya, drag-n-drop file gambar pengganti logo operator. Setiap logo operator ada dua versi: Black dan Etched. Drag gambar bernama black@2x.png ke atas dan etched@2x.png ke bagian bawah.

Setelah tombol Compile Carrier Update ditekan, akan dihasilkan dua buah file di Desktop kamu: Logo original operator sebagai backup, apabila kamu ingin balik lagi pakai logo lama. Yang satunya lagi, file dengan logo baru yang akan diterapkan ke iPhone atau iPad pada tahap selanjutnya.

Buka iTunes, kemudian hubungkan iPhone atau iPad menggunakan kabel. Untuk jaga-jaga dari hal yang menyeramkan, Back Up terlebih dahulu sebelum melangkah ke proses selanjutnya.

Editor : MakeMac

Latest