Follow Us

Cara Membatalkan Langganan di iTunes

Kuswanto - Senin, 07 Januari 2013 | 12:52
Cara Membatalkan Langganan di iTunes

Apple menyediakan beberapa pilihan berlangganan berbayar yang bisa ditemukan dalam aplikasi, podcast, dan konten untuk Apple TV. Memilih berlangganan hanya membutuhkan verifikasi akun Apple ID, tetapi proses membatalkan langganan tidak semudah dan setransparan proses berlangganan.

Setelah terdaftar sebagai pelanggan, terutama yang bersifat auto-renewal, secara default iTunes memperbaharui langganan berdasarkan skema langganan yang sudah dipilih olehmu. Secara berkala, tergantung dari jangka waktu langganannnya, kamu akan dikenakan beban biaya sejumlah harga langganan secara otomatis.

Untuk menghentikan auto renewal atau membatalkan langganan bisa dilakukan melalui halaman iTunes ID. Berikut ini caranya dengan menggunakan iOS dan iTunes.

Membatalkan Langganan Melalui iOS

Di App Store, bukalah halaman Featured, kemudian scroll ke bawah dan tekan tombol Apple ID. Akan muncul sebuah pop-up, kemudian tekan tombol View Apple ID.

Setelah jendela Account terbuka, cari tombol Manage Subscriptions.

Di layar selanjutnya akan ditampilkan daftar berlanganan yang ada apabila kamu sudah berlangganan lebih dari satu majalah. Setelah memilih salah satu majalah, kamu akan disuguhkan oleh jendela pengaturan berlangganan yang secara bawaan Auto-Renewal dalam keadaan ON. Untuk mematikan langganan cukup matikan Auto-Renewal.

Contoh di atas saya menggunakan iPad, di iPhone atau iPod Touch mempunyai prosedur yang sama. Bagi kamu yang memakai iOS 5 dan sebelumnya, tampilannya mungkin akan sedikit berbeda.

Membatalkan Langganan Melalui iTunes

Pada iTunes, masuklah ke dalam halaman Account yang bisa kamu akses dari Home iTunes Store pada QUICK LINKS di sebelah kanan, atau kamu juga bisa menekan tombol iTunes Store ID.

Di dalam halaman pengaturan akun, pengaturan berlangganan ada di bagian bawah. Posisinya lihat gambar di bawah ini.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Kuswanto

Latest