Follow Us

Mindful Browsing: Extension Safari Untuk Mencegah Procrastination

Kuswanto - Kamis, 10 Januari 2013 | 10:18
Mindful Browsing: Extension Safari Untuk Mencegah Procrastination

Siapa yang sering lupa waktu bercengkrama dengan Facebook? Atau website lain yang bisa mengalihkan perhatianmu dari tugas yang seharusnya dikerjakan sehingga jadi malas-malasan atau istilah kerennya procrastination. Bukan salah website tersebut sih, tapi bagaimana kontrol diri sendiri supaya tidak membuka website pengalih perhatian tersebut.

Bagi yang memakai Safari cobalah extension Mindful Browsing. Pada dasarnya, extension tersebut menghambat kamu untuk membuka website yang dianggap mengganggu produktivitas dengan memberikan peringatan dan hitungan mundur. Apabila hitungan mundurnya habis, kamu tetap bisa mengaksesnya. Idenya sangat sederhana, membuat kita berhenti sejenak dan berfikir, apakah perlu membukanya?

Bagi yang belum tahu cara pasang extension Safari, ikuti panduan berikut ini.

Cara penggunaanya sangat mudah, ketika sudah terpasang, buka website yang ingin diblok kemudian tekan tombol perboden di toolbar Safari. Website tersebut akan di blok, ketika kamu buka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah.

Waktu kerja Mindful Browsing dapat diatur di halaman Safari Preferences > Extension. Kamu bisa mengatur lamanya hitungan mundur sampai website tersebut bisa dibuka. Juga bisa mengatur hari apa saja Mindful Browsing bekerja, tentunya ketika weekend kita bisa bebas buka website apapun tanpa harus diomelin oleh Mindful Browsing.

Download Mindful Browsing dari situs pengembangnya. Tapi ada satu syarat, ketika menggunakannya Mindful Browsing. Mohon jangan blok MakeMac.com, ya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest