Follow Us

Cara Menyalakan FileVault di Mac

Lecto - Selasa, 15 Januari 2013 | 14:03
Cara Menyalakan FileVault di Mac

Kalau kamu belum pernah mengaktifkan FileVault dan khawatir ia bisa merusak Mac, maka panduan ini akan membantu kamu agar tidak melakukan kesalahan.

Sebaiknya untuk berjaga-jaga sekaligus mengikuti best practice, backup terlebih dahulu file-file pentingmu. Langkah ini adalah tambahan yang saya sarankan secara pribadi berdasarkan pengalaman saya menangani dunia keamanan IT.

Selanjutnya silakan mengikuti langkah-langkah berikut. Oh ya, FileVault hanya bisa diaktifkan menggunakan user yang memiliki otorisasi administrator.

  1. Akses menu pengaturan untuk FileVault melalui “System Preferences”. Kemudian click pada pane “Security & Privacy”. Selanjutnya pilih tab “FileVault”.

  2. Pada tab FileVault ini akan terdapat penjelasan dan keterangan singkat mengenainya. Klik lambang gembok pada yang terletak di sudut bawah kiri supaya gemboknya terbuka. Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password pada langkah ini. Sesudahnya, lanjutkan dengan klik tombol “Turn On FileVault”

  3. Bila pada OS kamu terdapat lebih dari satu user, maka FileVault akan memberimu daftar user tersebut. Pilihan ini memberikan kita fleksibilitas untuk memilih user siapa saja yang berhak mengakses disk yang telah dilindungi FileVault. Klik “Enable User” pada setiap user jika kamu ingin proteksi FileVault berlaku bagi semuanya. Setelah itu, klik tombol “Continue”

  4. Layar selanjutnya akan berisi kunci recovery key yang sangat penting. Catat dan simpan baik-baik nomor ini, dan pastikan kamu tidak simpan pada Mac yang sama.

    Penting: Jika kamu tidak bisa login ke OS karena lupa passwordmu dan juga lupa “recovery key” ini, maka diskmu tak akan bisa diakses selamanya.

    Setelah mencatatnya baik-baik, lanjutkan dengan mengklik tombol “Continue”. Pada step selanjutnya, kamu akan diberikan tawaran untuk menyimpan recovery key pada layanan Apple. Jika kamu mau menggunakan tawaran ini, silakan mengikuti prosedur untuk memilih 3 pertanyaan dan mengisikan jawabannya masing-masing.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular