Follow Us

Panggil Siri Lewat Suara Dengan Hands-Free Control

Andrie Rifani - Rabu, 30 Januari 2013 | 10:59
Panggil Siri Lewat Suara Dengan Hands-Free Control

Siri, “seorang” asisten pada perangkat iOS yang membantu kamu dalam berbagai hal hanya dengan menggunakan perintah suara. Untuk kamu yang sudah melakukan jailbreak, beberapa cara bisa digunakan untuk memaksimalkan serta memodifikasi asisten pribadi ini. Seperti memberikan tambahan kemampuan dengan AssistantExtensions, atau mempercantik tampilannya dengan Neurotech Siri.

Seluruh penggunaan Siri bisa dinikmati hanya dengan bantuan verbal, tapi kenapa proses aktivasinya masih manual? Bukankah akan lebih keren, kalau Siri juga bisa dijalankan lewat perintah suara?

Perkenalkan Hands-Free Control, tweak Cydia besutan Brock Haymond ini bisa membantu kamu untuk menjalankan Siri hanya lewat suara. Tapi tentu saja bukan hanya itu saja fitur yang diberikannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita lihat ulasan berikut.

Fitur

Hands-Free Control bisa kamu gunakan untuk “memanggil” Siri meskipun perangkat iOS kamu sedang dalam kondisi Sleep. Hands-Free Control juga memberikan 4 (empat) tambahan “nama baru” untuk Siri seperti Jarvis, Hal, Computer, dan Phone. Tapi jika kamu ingin memberikan nama sendiri untuk asisten terbaik ini, kamu juga bisa memasukkannya lewat pilihan Custom.

Selain itu, Hands-Free Control juga memberikan sebuah theme agar interaksi yang diberikan ketika kamu menggunakannya menjadi lebih menarik. Sebagai contoh, jika kamu memasang theme British, maka Siri akan menjawab dengan suara laki-laki sambil berkata “At your service”. Sayangnya theme ini hanya akan muncul pada saat awal dan akhir penggunaan Siri, sehingga pada saat menjawab Siri akan ke suara perempuan.

Hands-Free Control juga memberikan 5 (lima) pilihan pengaturan tingkat sensitifitas. Agar Siri tidak kegeeran atau salah panggil, baiknya atur tingkat sensitifitas ke arah Strict.

Akhir Kata

Hands-Free Control bisa kamu unduh pada Cydia seharga $2.99 lewat repository BigBoss. Saat ini Hands-Free Control belum bisa digunakan pada iOS 6.

Seluruh pengaturan Hands-Free Control bisa kamu akses lewat Settings > Hands-Free Control. Tweak ini saya rasa sangat berguna, manfaatnya bisa kamu rasakan ketika kamu sudah berada di tempat tidur dan lupa memasang alarm, kamu bisa mengaturnya dengan mudah tanpa perlu menyentuh perangkat iOS.

Nama yang saya gunakan adalah Jarvis, lalu theme yang saya pakai adalah Assistant. Kalau kamu pakai yang mana? Coba tinggalkan di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest