Follow Us

Poster: Aplikasi Blogging WordPress Terbaik di iPad

Sayz Lim - Senin, 18 Februari 2013 | 13:56
Poster: Aplikasi Blogging WordPress Terbaik di iPad

Poster bukanlah sebuah aplikasi baru. Ia sudah banyak dibahas oleh pengguna WordPress sejak pertama kali diluncurkan. Menyandang gelar aplikasi terbaik untuk blogging melalui WordPress, ia memang banyak digunakan oleh blogger yang sering berpergian tanpa membawa laptop. Kali ini saya mencoba mempelajari fitur-fitur yang ditawarkan Poster 2.0, dan siapa tahu, kamu juga akan menjadikannya sebagai aplikasi blogging di iPhone dan iPad milikmu.

Poster mampu mendukung sampai 9 blog WordPress, baik self-hosted atau tidak, di bagian sidebar dengan artikel-artikel blog di bagian kanan. Logo setiap blog bisa kamu ubah sendiri dengan menggunakan foto-foto dari aplikasi Photos. Saat menggunakan Poster dalam landscape mode, ia akan menampilkan 3 column view yang sering ditemukan pada aplikasi iPad saat ini. Kamu bisa berpindah antara halaman posts dan pages dengan menekan judul Post/Pages di bagian atas. Konsep pull to refresh ala rubber band milik Apple bisa kamu temukan saat ingin mengambil artikel-artikel terbaru.

Membuat post baru bisa melalui tombol plus di bagian kanan atas. Setelah menekan tombol tersebut, kamu akan ditawarkan beberapa pilihan, seperti apakah ingin membuat artikel dari halaman kosong, clipboard, atau Dropbox. Kalau kamu menggunakan text editor lainnya di iPad, maka pilihan From Clipboard akan menjadi pilihan favoritmu. Akan tetapi, bagi yang menyimpan artikelnya di Dropbox, maka proses mengambil artikel dari Dropbox semakin mempermudah proses posting ke blog.

Memasukkan gambar melalui Poster juga hanya membutuhkan beberapa kali tap. Kamu bisa memanfaatkan tombol insert image yang berada di bagian kanan atas, atau cukup tap and hold di lokasi yang kamu inginkan untuk menampilkan pilihan insert image, berdampingan dengan pilihan text selection. Walaupun memasukkan gambar tidak sulit, tapi bagi yang terbiasa menggunakan Markdown, maka format gambar bawaan WordPress justru menganggu daripada membantu.

Poster mendukung Markdown secara penuh sehingga kamu bisa menulis dalam format Markdown dan meminta Poster mengubahnya menjadi format HTML sebelum diterbitkan ke blog. Kamu dapat melihat hasil akhir dengan menggunakan tombol preview, dengan lambang serupa Quick Look, di sisi kanan atas. Sebelah tombol preview terdapat pengaturan jenis huruf, ukuran huruf, dan tingkat keterangan. Keyboard dapat diubah untuk mempermudah penulisan dalam format Markdown apabila kamu berecana menulis menggunakan Poster.

Selain pengaturan dasar untuk blog post berupa categories, tags, dan excerpt, Poster menambahkan dukungan terhadap custom fields. Jadi bagi blog yang banyak menggunakan custom fields tetap bisa diedit langsung dari Poster. Menentukan apakah blog post menerima komentar dapat ditemukan dalam halaman pengaturan juga.

Kalau kamu belum selesai menulis, maka kamu dapat menyimpan hasil kerja secara lokal, yang kemudian dapat diakses kembali kapanpun di iPad.

Editor : MakeMac

Latest