Follow Us

Satu-Satunya Cara Blokir Kontak di iPhone

Sayz Lim - Jumat, 22 Februari 2013 | 16:24
Satu-Satunya Cara Blokir Kontak di iPhone

Berapa kali kamu ingin mendiamkan semua panggilan dan pesan dari kontak tertentu? Atau kamu sekadar tidak menginginkan telco langgananmu berbunyi saat mengirimkan pesan singkat mengenai promosi mereka yang terbaru?

Meskipun saya percaya iPhone dirancang sebagai perangkat yang paling mudah digunakan, tetap saja ada beberapa fitur yang sulit ditemukan dibandingkan perangkat lain yang jauh lebih terbuka. Salah satunya adalah kemampuan memblokir kontak di iPhone. Kalau kamu tidak menggunakan iPhone yang dijailbreak, maka dibutuhkan penyesuaian untuk mendapatkan fitur tersebut dalam keterbatasan iPhone.

Nah, dalam tutorial ini saya akan menjelaskan sebuah metode yang pernah diulas oleh OS X Daily beberapa minggu lalu. Tips yang ini sederhana tetapi benar-benar ampuh untuk menjadi fitur blokir kontak sementara di iPhone.

Penjelasan Singkat

Sederhananya, kamu ingin mendiamkan semua panggilan dan pesan dari nomor tertentu. Baik nomor tidak dikenal, ataupun nomor-nomor yang sering kamu terima setiap minggu. Karena iPhone belum bisa mengubah incoming ringtone menjadi none, maka kita harus membuat sebuah ringtone silence terlebih dahulu. Kamu bisa download ringtone silence dari Richard K Miller, atau download versi unggah ulang dari MakeMac.

Selanjutnya, masukkan ringtone ke iPhone dan dan bikin sebuah kontak baru. Beri nama Blocked Contacts atau dengan nama kesukaanmu รขโ‚ฌโ€ sesuatu seperti stalker, spammer, atau monyet dipersilakan, be fun with it. Kemudian tentukan ringtone kontak tersebut menjadi silence dan text tone menjadi none. Nah, sekarang kamu tinggal memasukkan nomor dan kontak yang ga jelas ke Blocked Contacts, shut them up forever.

Langkah-Langkah

Mungkin kamu kurang jelas membaca penjelasan di atas. Sekarang saya akan menuliskan langkah-langkah membuat Blocked Contacts di iPhone.

  1. Pastikan kamu menggunakan iTunes yang cocok dengan iPhonemu. Kamu akan membutuhkan iTunes untuk memasukkan ringtone ke iPhone.

  2. Jalankan iTunes. Pindahkan ringtone yang baru kamu unduh, dalam format m4r, ke jendela iTunes dengan drag and drop. Sebuah tab Tones akan muncul pada sidebar (tampilkan dengan tekan Command+Option+S) di iTunes. Kalau tidak muncul, kamu bisa menampilkannya dengan membuka halaman pengaturan iTunes, dan centang bagian Tones.

  3. Hubungkan iPhone ke Mac. Kalau kamu sudah menyalakan Wi-Fi Sync, maka langkah ini bisa dilewati. Pilih iPhonemu di sidebar, kemudian buka tab Tones di sebelah kanan dan centang Sync Tones. Pilih Silence di daftar. Tekan tombol Sync dan tunggu sampai proses selesai.

  4. Sekarang kamu boleh melepaskan iPhone dari iTunes. Langkah berikutnya, di mana kamu membutuhkan aplikasi Contacts iPhone, adalah membuat sebuah kontak baru bernama Blocked Contacts.

Editor : Sayz Lim

Latest