Follow Us

Cara Menggunakan 1Password Untuk Melindungi Akun Online Milikmu

Sayz Lim - Selasa, 05 Maret 2013 | 09:45
Cara Menggunakan 1Password Untuk Melindungi Akun Online Milikmu

Sebenarnya apa kelebihan 1Password? Mengapa begitu banyak blog merekomendasikan 1Password ke setiap pembaca? Untuk mengenalkan 1Password, saya perlu bercerita sedikit.

Dahulu kala, hiduplah seorang juragan tempe yang berhasil membangun bisnis online dengan memanfaatkan sosial media. Ia mempunyai Twitter dengan jumlah 300 ribu follower, Facebook dengan 100 ribu fans, dan situs yang selalu dikunjungi pelanggan setiap hari. Tiba-tiba suatu hari, semua akun itu berhasil diretas, dan dihapus untuk selamanya. Sang juragan tempe sekarang harus membangun kembali reputasi online dari nol, hanya karena satu kesalahan. Ia menggunakan password “tempekularis” untuk semua akun dia.

Cerita di atas memang sedikit berlebihan, tetapi bukan tidak mungkin terjadi. Salah satu kesalahan pengguna Internet adalah menggunakan password yang sama untuk setiap akun. Mereka merasa sebuah password yang kuat dapat melindungi mereka dari ancaman hacker. Pemikiran ini salah besar. Hacker hanya perlu meretas layanan yang menyimpan passwordmu, seperti kasus Evernote yang sempat diretas. Itulah mengapa setiap akunmu perlu menggunakan password yang unik, dan kalau bisa juga kuat. Itulah mengapa kamu membutuhkan 1Password.

Apa Itu 1Password?

1Password adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat dan menyimpan passwordmu di setiap layanan. Ia juga mempermudah kamu login ke situs kunjunganmu dengan menyediakan extension-extension buat Safari, Chrome, dan Firefox. Tidak perlu lagi menghafal password yang banyak. Biar 1Passsword yang menangani semuanya.

Informasi yang bisa disimpan 1Password tidak sebatas password. Kamu juga dapat menyimpan informasi pribadi lainnya seperti akun FTP, data pribadi, catatan, lisensi aplikasi, dan nomor kartu kredit. 1Password adalah pengganti dompet digital.

Mungkin yang perlu dipertanyakan adalah cara mengakses semua password yang sudah tersimpan di 1Password. Hal tersebut bukan sebuah masalah karena 1Password tersedia buat semua platform mulai dari iPhone, iPad, dan bahkan Windows. Tidak mempunyai waktu memasang 1Password di komputer rental? Manfaatkan sinkronisasi Dropbox untuk mengakses password secara online.

Perlukah Kamu Menggunakan 1Password?

1Password merupakan sebuah aplikasi yang wajib bagi kamu yang mempunyai banyak akun online. Saya sampai lupa berapa banyak waktu yang terhemat berkat 1Password. Kamu tidak mau melewati proses reset password yang panjang.

Bagi yang masih ragu-ragu, 1Password menyediakan trial selama 30 hari agar kamu dapat mengevaluasi manfaat aplikasi. Saya yakin, selama kamu memahami cara kerja 1Password, kamu akan membeli 1Password setelah trial habis.

Pengaturan Awal 1Password

Ketika pertama kali menjalankan 1Password, kamu akan diminta untuk membuat sebuah file baru yang akan dipakai untuk menyimpan semua informasimu. Langkah selanjutnya adalah membuat master password buat file tersebut. Ingat dan catat master password yang baru dibuat karena ini satu-satunya kunci untuk mengakses semua datamu yang sudah tersimpan. Tenang saja, kali ini kamu hanya perlu mengingat satu password. Jadi pastikan master password yang dibuat benar-benar kuat.

Editor : MakeMac

Latest