Follow Us

Aplikasi-Aplikasi Untuk Para Desainer Interface

Kuswanto - Selasa, 16 April 2013 | 09:07
Aplikasi-Aplikasi Untuk Para Desainer Interface

Mendesain suatu aplikasi di Mac bukan hanya membutuhkan Photoshop saja, tapi ada banyak aplikasi lain yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan para desainer. Berikut ini kumpulan aplikasi-aplikasi OS X dan iOS yang patut dipertimbangkan untuk diinstall, beberapa aplikasi berbayar tapi ada juga yang gratis – aplikasi gratis tapi tetap sangat berguna.

Sketch

Photoshop terus terang terasa eneg kalau dipakai untuk mendesain antarmuka. Terlalu banyak fitur yang tidak dibutuhkan. Ditambah lagi, ukuran filenya sangat besar, dan banyak kekurangan lainnya yang tidak cocok untuk mendesain antar muka aplikasi.

Saya pernah mengulas aplikasi bernama Sketch. Sketch merupakan aplikasi yang mengkhususkan diri untuk para desainer interface. Obyek yang dihasilkan berupa vector yang dioptimalkan untuk ketepatan pixel. Gampangnya, Sketch merupakan gabungan antara keluwesan vector Adobe Illustrator dan kemudahan layer styles ala Photoshop.

Bagi yang ingin belajar atau mau mencari alternatif aplikasi desain, saya sarankan untuk mencoba Sketch.

Download · Harga:

LiveView

Sudah membuat satu layar desain aplikasi, terus mau melihat di perangkat iPhone atau iPad. Cara konevsional adalah dengan save PNG, kirim ke perangkat dengan email atau aplikasi lain.

Cara itu kuno. Coba deh pakai LiveView, dengannya kamu bisa melihat desainmu langsung di iPhone atau iPad tanpa perlu repot-repot.

Kamu harus install LiveView di Mac, iPhone dan iPad, kemudian menghubungkannya melalui WiFi. Setiap perubahan yang terjadi di layar Mac akan tampil langsung di perangkatmu.

Download · Harga:

PNG Compressor

Antarmuka iOS atau OS X mengandalkan file PNG sebagai format utamanya. Tapi file PNG yang dihasilkan oleh aplikasi lain, biasanya mempunyai informasi tambahan yang tidak dibutuhkan, malah membuat ukuran file PNG menjadi lebih besar.

Dengan PNG Compressor, informasi yang tidak penting akan dihapus. Menghemat beberapa KB untuk satu file merupakan tugas desainer untuk menjaga aplikasi tetap langsing.

Download PNG Compressor · Harga: 45000

Editor : Kuswanto

Latest